OJK Sebut Belum Semua Industri Halal Gunakan Bank Syariah

Minggu, 7 Februari 2021 12:37 Reporter : Merdeka
OJK Sebut Belum Semua Industri Halal Gunakan Bank Syariah label halal. REUTERS

Merdeka.com - Berdirinya Bank Syariah Indonesia (BSI) dinilai dapat mendorong industri syariah untuk bisa berkembang dan berkontribusi terhadap ekonomi nasional dengan aset dan modalnya yang besar. Meski begitu, terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi BSI serta bank syariah lain, dalam mewujudkan perkembangan tersebut, salah satunya dari sisi preferensi konsumen.

Direktur Pengaturan dan Perizinan Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Deden Firman Hendarsyah mengatakan, belum semua industri halal menggunakan bank syariah untuk mendukung transaksi mereka. Padahal jika dioptimalkan, tentu akan mempercepat cita-cita Indonesia mengembangkan ekonomi syariah.

"Bahkan di industri halal mungkin belum semuanya menggunakan perbankan syariah. Ini tentunya tantangan tersendiri bagi kita," kata Deden dalam webinar, Minggu (7/2).

Untuk itu, pihaknya akan berbenah diri agar perbankan syariah dapat menyediakan produk dan layanan bagi seluruh stakeholder di industri halal dengan lebih baik agar menjadi pilihan utama bertransaksi bagi mereka.

Dia berharap, hadirnya BSI bisa memberi akses perbankan ke konsumen yang lebih luas sehingga dapat mendukung ekosistem ekonomi syariah. "Kita tahu ekosistem ekonomi syariah sangat besar, mungkin industri halal masuk di dalamnya. Diharapkan nanti BSI mampu melayani seluruh transaksi di ekosistem ekonomi syariah," kata Deden.

"Layaknya jantung di tubuh manusia, BSI diharapkan dapat memompa likuiditas, memenuhi kebutuhan transaksi, produk layanan dari ekosistem ini," tutupnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini