OJK Nilai Penempatan Dana Tambahan Pemerintah Rp17,5 T Bakal Genjot Kredit Bank

Selasa, 27 Oktober 2020 17:14 Reporter : Dwi Aditya Putra
OJK Nilai Penempatan Dana Tambahan Pemerintah Rp17,5 T Bakal Genjot Kredit Bank Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meyakini penempatan dana tambahan yang dititipkan pemerintah di perbankan bakal menggenjot penyaluran kredit yang masih tertekan.

Seperti diketahui, Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) telah menerima penempatan titipan dana tahap kedua dengan nilai total sebesar Rp17,5 triliun. Di mana sebelumnya pemerintah telah menitipkan dana pada Himbara pada 25 Juni lalu senilai Rp30 triliun.

"Dalam rangka mendorong pemulihan kredit, pemerintah melakukan penempatan dana di perbankan di mana bank Himabra sendiri sudah menerima Rp47,5 triliun yang mendorong kredit sebsar Rp166,39 triliun," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, dalam konfrensi pers, di Jakarta, Selasa (27/10).

Dia menambahkan, pemerintah juga telah menempatkan dana di Bank Pembangunan Daerah (BPD) sebesar Rp14 triliun dengan realisasi Rp17,9 triliun. Tak hanya itu, bank syariah diantaranya Mandiri Syariah, BRI Syariah, dan BNI Syariah juga telah dititipkan dana pemerintah dengan total Rp3 triliun di mana realisasi kreditnya mencapai Rp1,7 triliun.

Baca Selanjutnya: Kesehatan Perbankan Terus Diawasi Ketat...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini