OJK Kaji Pembukaan Rekening Pasar Modal Tanpa KTP

Senin, 18 Februari 2019 15:22 Reporter : Dwi Aditya Putra
OJK Kaji Pembukaan Rekening Pasar Modal Tanpa KTP Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoesen. ©2019 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana akan membuat aturan terkait pembukaan rekening pasar modal baru. Nantinya, dalam aturan ini usia remaja yang belum menyentuh 17 tahun akan diperbolehkan untuk membuka rekening.

"Jadi belum 17 tahun, belum punya KTP (Kartu Tanda Penduduk) tapi dia sudah bisa buka rekening, nanti kita sedang kaji dan persiapkan," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK, Hoesen, di Jakarta, Senin (18/2).

Hoesen mengatakan, saat ini untuk membuka rekening di pasar modal, salah satu persyaratan wajib yakni harus memiliki kartu identitas seperti KTP. Namun, apabila berkaca kepada negara maju seperti Jepang, negeri sakura tersebut telah memiliki program usia dini.

"Kita juga lagi berpikir karena pengalaman dan pengamatan kita di beberapa negara seperti di Jepang salah satunya itu ada Junior Program. Jadi bagi adik adik pecinta industri keuangan mungkin sudah ada yang belum punya KTP (di sana)," kata Hoesen.

Dengan aturan tersebut nantinya diharapkan para generasi muda ataupun milenial dapat dengan mudah memiliki rekening. Sehingga, ini juga bertujuan untuk mendorong layanan sektor pasar modal.

"Harapannya nanti di usia mereka remaja sudah punya memiliki rekening dan mengenal. Karena sekarang tabungan itu anak SD (Sekolah Dasar) sudah punya tabungan tapi kalau di pasar modal belum. Itu beberapa negara memang punya program khusus untuk itu," pungkasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini