OJK Ingatkan Masyarakat Disiplin Jaga Data Pribadi, Jangan Umbar di Internet

Selasa, 17 November 2020 15:16 Reporter : Merdeka
OJK Ingatkan Masyarakat Disiplin Jaga Data Pribadi, Jangan Umbar di Internet Dewan Komisioner OJK Tirta Segara. ©2018 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga data pribadi agar tidak bocor. Terutama di tengah pesatnya pertumbuhan keuangan digital. Masyarakat diminta bekerja sama untuk meningkatkan literasi atau pengetahuan tentang jasa keuangan agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara menjelaskan edukasi yang digalakkan pemerintah akan percuma jika masyarakat tidak turut andil dalam meningkatkan pengetahuannya terkait keuangan digital, seperti halnya kebocoran data.

Dia menyebut, data dari Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (APTSI) mengenai perilaku masyarakat yang bisa mengakibatkan kebocoran data di platform digital.

"60 persen pengguna internet Indonesia itu mau berbagi foto di dunia maya dengan suka rela. Mereka juga mengumbar data pribadi seperti tanggal lahir sebesar 50 persen, 46 persen alamat email, alamat rumah 30 persen, dan nomor telepon 21 persen," kata Tirta dalam IMA Chapter Webinar Series: Perlindungan Konsumen Sektor Keuangan di Era Digital, Selasa (17/11).

Di tengah pesatnya perkembangan digitalisasi keuangan, masyarakat mulai melakukan berbagai transaksi pembelian hingga layanan keuangan secara daring atau online. Namun demikian, literasi keuangan masyarakat Indonesia masih rendah menjadi perhatian besar pemerintah serta pelaku usaha jasa keuangan.

Saat ini, inklusi keuangan memang sudah cukup memuaskan dengan persentase 76,19 persen. Namun demikian, tingkat literasi berada jauh di bawahnya yang baru mencapai 38 persen dari target 50 persen.

Tirta menyebut bahwa permasalahan mengenai perlindungan konsumen di sektor keuangan perlu sinergi dari semua pihak termasuk pemerintah, industri, serta masyarakat itu sendiri. Termasuk dalam menjaga data pribadi.

Baca Selanjutnya: Masyarakat Tak paham Risiko dan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini