OJK dorong bank rangkul perusahaan fintech

Senin, 3 April 2017 14:59 Reporter : Syifa Hanifah
OJK dorong bank rangkul perusahaan fintech Ilustrasi fintech. © business insider

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan mendorong perbankan kecil merangkul perusahaan penyedia jasa layanan keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech). Dengan begitu, perbankan dengan modal yang minim bisa tetap eksis di tengah revolusi teknologi.

"Ada bank yang mampu melengkapi diri dengan layanan teknologi, ada juga bank yang agak berat. Bagaimana menyikapi ini agar bisa tetap survive untuk memenuhi ekpektasi kebutuhan masyarakat yang cepat berubah? kami sarankan mereka membangun kemitraan dengan berbagai perusahan fintech," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad, saat ditemui di Indonesia Change Management Forum (ICMF) 2017, Jakarta, Senin (3/4).

Di sisi lain, kolaborasi tersebut juga dapat menguntungkan perusahaan fintech. Mengingat, tak sedikit perusahaan fintech di Tanah Air berusia pendek lantaran masih sepi peminat.

"Saat ini, sudah ada sebanyak 160 perusahaan fintech yang mendaftar ke OJK."

Sebelumnya, OJK juga berencana mendirikan pusat inkubator untuk perusahaan fintech. Ini bertujuan menciptakan skema bisnis fintech yang berkelanjutan. [yud]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini