OJK Catat Penyaluran Kredit UMKM di Bali Capai Rp44,30 Triliun

Selasa, 8 Juni 2021 10:46 Reporter : Sulaeman
OJK Catat Penyaluran Kredit UMKM di Bali Capai Rp44,30 Triliun Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8, Bali dan Nusa Tenggara Giri Tribroto menyatakan, oustanding kredit kepada sektor UMKM di Provinsi Bali justru menunjukkan peningkatan di tengah pandemi Covid-19. Angin segar ini menjadi asa bagi percepatan pemulihan kinerja UMKM di tengah situasi sulit akibat penyebaran virus corona jenis baru itu.

"Sampai dengan posisi April 2021 kredit yang disalurkan kepada UMKM sebesar Rp44,30 triliun," ujarnya dalam Webinar bertajuk Securities Crowdfunding Sebagai Alternatif Pendanaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Selasa (8/6).

Tak hanya itu, rasio kredit bermasalah/kredit macet (Non-Performing Loan/NPL) perbankan juga terus menunjukkan tren perbaikan, yakni berada diposisi 3,32 persen. "Jadi, pada bidang perbankan di Provinsi bali out standing kredi kepada UMKM selama pandemi justru menunjukkan peningkatan. Sementara itu, tren juga menunjukkan perbaikan," terangnya.

Dia mencatat, sampai dengan Mei 2021 terdapat sebanyak 79.707 debitur yang telah memperoleh restrukturisasi kredit. Adapun nilai restrukturisasi yang telah disalurkan mencapai Rp15,23 triliun. "Ini menunjukkan percepatan yang sejalan dengan penerapan kebijakan stimulus yang dikeluarkan oleh OJK," tekannya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini