OJK buka peluang jika investor Jepang ingin kuasai 40 persen lebih saham Bank Danamon

Jumat, 10 November 2017 13:42 Reporter : Desi Aditia Ningrum
OJK buka peluang jika investor Jepang ingin kuasai 40 persen lebih saham Bank Danamon danamon. bdadesign.co.id

Merdeka.com - Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) dikabarkan akan mengakuisisi sekitar 40 persen saham PT Bank Danamon Indonesia Tbk. 40 Saham diambil dari kepemilikan Asia Financial Pte Ltd milik Temasek Holdings.

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, Heru Kristiyana, mengakui saat ini kedua pihak masih dalam tahap pembicaraan.

"Setelah dicek ke masing-masing pemegang sahamnya, mereka mengatakan memang MUF itu melirik saham Danamon, tentu itu nanti akan diikuti oleh kegiatan ataupun persyaratan yang akan disampaikan dari MUF ke Temasek," kata Heru, di Kantornya, Jakarta, Jumat (10/11).

Menurutnya, OJK mempersilakan akuisisi lebih dari 40 persen, namun dengan catatan, Danamon dapat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Misalnya, dengan memberikan kredit ke infrastruktur atau terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"Boleh 40 persen. Bisa lebih kalau mereka menunjukkan komitmennya secara riil untuk membantu tadi itu pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Heru berharap setelah diakuisisi MUF, Danamon akan berkembang lebih besar dengan shareholder baru yang juga lebih besar. Selain itu, diharapkan juga bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Misalnya memberikan kredit khusus kepada infrastruktur di Indonesia dan mendukung prorgram-program pemerintah jangan sampai mereka datang hanya memberikan kredit kepada Jepang saja," tandasnya.

Dikabarkan, MUFG akan membeli 40 persen saham Bank Danamon dengan nilai mencapai USD 1,8 miliar atau setara Rp 22,95 triliun. Sementara, Bank of Tokyo-MUFG telah menyiapkan 200 miliar Yen untuk pembelian saham atau setara Rp 24,3 triliun.

Pada 2003, Temasek membeli Bank Danamon dari badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sebesar USD 321 juta. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini