OJK Batalkan Pengajuan Izin 2 Perusahaan Fintech Lending

Rabu, 21 Oktober 2020 17:06 Reporter : Anisyah Al Faqir
OJK Batalkan Pengajuan Izin 2 Perusahaan Fintech Lending OJK. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membatalkan 2 penyelenggara fintech lending pada dua perusahaan. Mereka adalah PT Minitech Finance Indonesia dan PT Digital Quantum Tek.

"Terdapat dua penyelenggara fintech lending yang dibatalkan Surat Tanda Bukti Terdaftarnya yaitu PT Minitech Finance Indonesia dan PT Digital Quantum Tek," tulis OJK dalam keterangan resminya, Jakarta, Rabu (21/10).

Selain itu, hingga 14 Oktober 2020, total jumlah penyelenggara fintech peer-to-peer lending atau fintech lending yang terdaftar dan berizin di OJK sebanyak 155 perusahaan.

OJK mengimbau masyarakat untuk menggunakan jasa penyelenggara fintech lending yang sudah terdaftar atau berizin dari OJK. Untuk melakukan pengecekan terhadap status izin penawaran OJK menyarankan masyarakat untuk menghubungi kontak OJK di nomor telepon 157 atau melalui layanan whatsapp 081 157 157 157.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya Tercatat 157 Fintech

157 fintech rev1

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat 157 perusahaan financial technology atau fintech lending yang telah terdaftar dan memiliki izin. Dari jumlah tersebut, ada 33 perusahaan telah mengantongi izin dan 124 perusahaan terdaftar di OJK.

"Sampai dengan 14 Agustus 2020, total jumlah penyelenggara fintech peer-to-peer lending atau fintech lending yang terdaftar dan berizin di OJK adalah sebanyak 157 perusahaan," tulis OJK di situs resminya www.ojk.go.id, Jakarta, Senin, (7/9).

Selain itu, OJK juga mengumumkan 1 penyelenggara fintech lending yang dibatalkan surat tanda bukti terdaftarnya. Perusahaan tersebut yakni PT Assetku Mitra Bangsa (Assetkita). Dalam pengumuman tersebut tidak dijelaskan alasan Assetkita dibatalkan surat terdaftarnya.

Namun, OJK mengimbau masyarakat untuk menggunakan jasa penyelenggara fintech lending yang sudah terdaftar/berizin dari OJK. Jika ingin melakukan pengecekan status izin dan penawaran produk jasa keuangan, OJK bisa dihubungi lewat call center 157 atau melalui WhatsApp di nomor 081 157 157 157. [idr]

Baca juga:
Pemerintah Target Bentuk 5.300 Lembaga Keuangan Desa dan Himpun Dana Rp12,7 Triliun
Gandeng OJK, Kemendes Transformasi UPK Eks PNPM Jadi Lembaga Keuangan Desa
Strategi OJK Lindungi Pengusaha Kecil dari Jerat Rentenir di Masa Pandemi
OJK Catat Jumlah Nasabah yang Ajukan Restrukturisasi Kredit Mulai Mendatar
Bos OJK Bongkar Alasan Investor Asing Kabur dari Pasar Saham RI

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. OJK
  3. Fintech
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini