Nusantara Regas rogoh Rp 78 M untuk alirkan gas ke PLTGU Priok

Minggu, 26 Mei 2013 10:55 Reporter : Saugy Riyandi
Nusantara Regas rogoh Rp 78 M untuk alirkan gas ke PLTGU Priok

Merdeka.com - PT Nusantara Regas, pengelola Floating Storage Regasification Unit (FSRU) Jawa Barat, siap untuk mengalirkan pasokan gas ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tanjung Priok mulai Agustus mendatang.

Saat ini, perusahaan patungan PT Pertamina (Persero) itu telah menyelesaikan konstruksi untuk penyambungan pipa aliran gas ke pembangkit milik PT PLN tersebut.

Direktur Utama PT Nusantara Regas Hendra Jaya mengatakan saat ini perusahaannya masih menunggu persetujuan dari Kementerian Keuangan untuk menggunakan fasilitas pipa milik PT Pertamina Hulu Energi Onshore North West Java (PHE ONWJ).

"Kami harapkan bulan depan sudah ada persetujuan, sehingga langsung bisa mengalirkan ke pembangkit," ujarnya kepada wartawan dalam acara kunjungan ke FSRU Jawa Barat, akhir pekan ini.

PLTGU Tanjung Priok dengan kapasitas 1.000 megawatt (MW), menurut Hendra, idealnya memperoleh pasokan gas dari PHE ONWJ sebanyak 200 juta kaki kubik per hari (million metric standard cubic feet per day/mmscfd). Akan tetapi, pasokan gas tersebut terus berkurang saat ini hingga hanya menjadi 120 mmscfd.

Investasi yang disiapkan Nusantara Regas untuk konstruksi pipa tersebut mencapai USD 8 juta atau Rp 78 miliar. Adapun pasokan gas untuk PLTGU Tanjung Priok berasal dari supply gas tambahan yang berasal dari LNG Tangguh, di Teluk Bintuni, Papua Barat. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. FSRU
  2. Pltgu
  3. Migas
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini