Nilai Tukar Rupiah Menguat Tipis ke Level Rp14.077 per USD

Kamis, 18 Juni 2020 16:39 Reporter : Anggun P. Situmorang
Nilai Tukar Rupiah Menguat Tipis ke Level Rp14.077 per USD dolar AS. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup menguat tipis dalam perdagangan hari ini, Kamis (18/6). Dalam penutupan perdagangan hari ini, mata uang Garuda menguat tipis sebesar 5 poin di level Rp14.077 per USD.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, dampak pandemi Virus Corona membawa perekonomian secara global mengalami penurunan yang signifikan bahkan Bank Dunia, IMF maupun OECD secara berjamah merevisi pertumbuhan ekonomi baik di AS, Eropa maupun Asia terutama Indonesia.

"Guna terus mencermati dinamika perekonomian dan pasar keuangan global yang diakibatkan oleh penyebaran Virus Corona, ini sejalan dengan konsistensi pemerintah melalui berbagai strategi," ujarnya dalam riset harian.

Ibrahim melanjutkan, dengan adanya sentimen positif Rupiah sangat wajar kalau Bank Indonesia hari ini memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 bps, dari sebelumnya 4,50 persen menjadi 4,25 persen.

"Ke depan, Bank Indonesia tidak menutup kemungkinan untuk kembali menurunkan suku bunga acuan. Ini karena tekanan inflasi domestik yang rendah, tekanan eksternal yang mereda, dan kebutuhan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih lanjut," paparnya.

1 dari 1 halaman

Prediksi Pertumbuhan Ekonomi

ekonomi rev1

Tahun ini, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi hanya akan berada di kisaran 0,9 hingga 1,9 persen. Turun dari proyeksi sebelumnya yaitu 2,3 persen. Pada 2021, pertumbuhan ekonomi diperkirakan melonjak ke kisaran 5 hingga 6 persen.

"Pasar mencermati penurunan suku bunga Bank Indonesia yang tidak dibarengi dengan penurunan suku bunga kredit, sehingga kurang menarik bagi dunia usaha maupun rumah tangga untuk mengambil pinjaman mengakibatkan roda perekonomian kembali stagnan," jelasnya. [idr]

Baca juga:
Dibuka Menguat, Rupiah Bergerak Melemah ke Rp14.077 per USD
Rupiah Ditutup Menguat Tipis ke Level Rp14.082 per USD
Ada Pembukaan Mal, Rupiah Ditutup Menguat di Rp14.090 per USD
Respons Mal dan Perkantoran Dibuka, Rupiah Menguat Tipis ke Level Rp14.155 per USD
Dibuka Menguat, Rupiah Bergerak Melemah ke Rp 14.135 per USD

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini