Nilai Tukar Rupiah Menguat ke Level Rp14.265 per USD

Senin, 7 Juni 2021 15:46 Reporter : Anggun P. Situmorang
Nilai Tukar Rupiah Menguat ke Level Rp14.265 per USD Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah ditutup menguat 30 poin walaupun sebelumnya sempat menguat 40 poin di level Rp14.265 dari penutupan sebelumnya di level Rp14.294 per USD. Sedangkan untuk perdagangan selanjutnya, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat direntang Rp14.240 hingga Rp14.290 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, Bank Indonesia (BI) akan merilis data cadangan devisa (cadev) per akhir Mei 2021 pada Selasa (8/6) pagi. Menurut Trading Economics, angka cadangan devisa di Mei akan meningkat menjadi USD140 miliar.

"Selain itu, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan memutuskan usulan tarif baru Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 12 persen, naik 2 persen dibandingkan dengan tarif yang selama ini berlaku yakni sebesar 10 persen," kata Ibrahim dalam riset harian, Jakarta, Senin (7/6).

Tarif baru tersebut masuk ke dalam salah satu cakupan Rancangan Undang-Undang tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). Angka 12 persen diusulkan setelah otoritas fiskal melakukan pengkajian secara mendalam dari berbagai aspek.

Informasi yang diterima oleh Ibrahim, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan surat kepada DPR RI untuk membahas Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), termasuk rencana perubahan tarif pajak pertambahan nilai (PPN).

RUU tentang KUP tersebut sudah masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas) 2021. Selain rencana perubahan tarif PPN, pemerintah juga mengatur sejumlah perubahan tarif pajak di dalamnya. Di antaranya, PPN termasuk PPh orang per orang dan pribadi, pengurangan tarif PPh badan dan terkait PPN barang/jasa, PPnBM, UU Cukai, serta terkait carbon tax, hingga pengampunan pajak. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini