Nilai tukar Rupiah masih terperosok di Rp 13.644 per USD

Senin, 30 Mei 2016 12:55 Reporter : Idris Rusadi Putra
Nilai tukar Rupiah masih terperosok di Rp 13.644 per USD rupiah. shutterstock

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) masih cenderung melemah di perdagangan hari ini, Senin (30/5). Rupiah saat ini berada di level Rp 13.644 per USD atau melemah dibanding pembukaan tadi pagi di Rp 13.627 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah menyentuh titik terendahnya di Rp 13.653 per USD yaitu pukul 10.10 WIB. Rupiah masih betah berada di atas level Rp 13.500-an per USD.

Menteri Keuangan Bambang, Brodjonegoro mengatakan, setidaknya ada dua faktor yang membuat Rupiah bergerak melemah. Pertama adalah spekulasi bahwa bank sentral Amerika Serikat akan kembali menaikkan suku bunga pada Juni nanti.

"Satu memang ada spekulasi bahwa The Fed mungkin menaikkan tingkat bunga sekitar Juni atau Juli. Naiknya 2 kali dalam setahun ini. Itu yang menjadi kemungkinan bahan spekulasi," ucap Bambang di Jakarta, Minggu (29/5).

Kenaikan suku bunga The Fed akan menarik dolar keluar dari negara berkembang sehingga nilai tukar akan melemah.

Faktor kedua yang menyebabkan Rupiah melemah adalah karena tingginya kebutuhan dalam negeri. "Karena perusahaan asing bayar dividen pasti ada kebutuhan dolar."

Menkeu membantah kalau pelemahan USD terjadi karena maraknya dana asing keluar dari Indonesia. "Itu (yang di bursa saham) biasa keluar masuk," tutupnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini