Nilai tukar Rupiah kembali melemah ke level Rp 13.500-an per USD

Jumat, 19 Februari 2016 09:11 Reporter : Novita Intan Sari
Nilai tukar Rupiah kembali melemah ke level Rp 13.500-an per USD Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) kembali melemah di perdagangan hari ini, Jumat (19/2). Bahkan, Rupiah kembali menyentuh level Rp 13.500-an per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah dibuka melemah 34 poin ke level Rp 13.520 dari posisi penutupan perdagangan kemarin Rp 13.502 per USD.

Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada memperkirakan, pasca rilis RDG BI di mana BI Rate kembali dipangkas suku bunga nya sebesar 25 bps berada di level 7 persen membuat laju Rupiah kembali dapat menguat terhadap USD.

Namun demikian, pergerakan positif ini di atas perkiraan di mana penurunan suku bunga biasanya akan direspon negatif oleh pergerakan valasnya.

Di sisi lain, pemangkasan tingkat suku bunga dalam 2 bulan berturut-turut membuat pelaku pasar kembali yakin akan fundamental ekonomi Indonesia yang kian pulih di tengah keadaan global yang masih dilanda ketidakpastian.

"Meski melemah, laju Rupiah diharapkan dapat menguat terhadap USD seiring dengan RDG-BI yang memutuskan untuk memangkas tingkat suku bunga sehingga kami harapkan agar Rupiah mampu untuk menjaga kestabilan nya menuju 13.300 sebagai resisten berikutnya. Laju Rupiah akan berada di level Rp 13.485-13.300," ujarnya dalam riset harian. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini