Nilai Tukar Rupiah Ditutup Merosot ke Level Rp14.480 per USD

Selasa, 30 Maret 2021 15:47 Reporter : Anggun P. Situmorang
Nilai Tukar Rupiah Ditutup Merosot ke Level Rp14.480 per USD Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar atau kurs Rupiah ditutup melemah 35 poin ke level Rp14.480 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.445 per USD. Sedangkan untuk perdagangan besok, Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup melemah di rentang Rp14.430 hingga Rp14.530 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, secara fundamental, Rupiah masih stabil meski ditutup melemah. Berbagai data perekonomian tercatat masih positif seperti PMI manufaktur yang berada di atas level ekspansif 50 atau 50,9 persen dan Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur Indonesia berada di level ekspansif yakni 50.

"Selain data manufaktur, realisasi investasi dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada 2021 lebih tinggi dibandingkan posisi tahun sebelumnya," ujar Ibrahim dalam riset harian, Jakarta, Selasa (30/3).

Dari beberapa indikator ekonomi yang mengalami tren perbaikan, membuat pemerintah tetap optimis terhadap target pertumbuhan ekonomi nasional dapat tercapai dikisaran 4,5 persen sampai 5,3 persen. Walaupun Pemerintah juga memprediksi pertumbuhan ekonomi pada Kuartal Pertama 2021 masih berada di zona negatif.

Optimisme pertumbuhan ekonomi di Indonesia tak terlepas dari rasa optimisme terhadap perkembangan ekonomi secara global pada 2021 akan tumbuh positif hingga 5 persen, setelah terkontraksi 3,8 persen pada tahun sebelumnya. Sinyal pemulihan ini terlihat dari perbaikan ekonomi di banyak negara, termasuk Tiongkok dan Amerika Serikat (AS).

"Hal ini didukung stimulus fiskal dan moneter serta mulai meningkatnya mobilitas manusia dan aktivitas perekonomian akibat masyarakat sudah divaksinasi, sehingga nantinya akan hidup berdampingan dengan Covid-19," jelas Ibrahim.

Baca Selanjutnya: Program Vaksinasi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini