Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat Tipis ke Level Rp14.505 per USD

Selasa, 6 April 2021 15:40 Reporter : Anggun P. Situmorang
Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat Tipis ke Level Rp14.505 per USD Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah ditutup menguat 10 poin walaupun sempat menguat 15 poin di level Rp14.505 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.515 per USD. Sedangkan untuk perdagangan selanjutnya, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi namun ditutup menguat direntang Rp14.480 hingga Rp14.520 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, pandemi Covid-19 masih menjadi musuh terbesar dunia. Dampak dari pandemi ini merupakan mimpi buruk bagi seluruh negara termasuk Indonesia.

"Na’asnya, pandemi Covid-19 yang muncul sejak tahun lalu menjadikan tahun 2020 sebagai tahun terburuk bagi Indonesia dan semua negara di dunia," ujar Ibrahim dalam riset harian, Jakarta, Selasa (6/4).

Hingga saat ini, ada total 170 negara di dunia yang mengalami kontraksi ekonomi akibat pandemi Covid-19. Artinya virus ini tidak pandang bulu dan menyerang semua negara baik negara maju maupun berkembang.

Bahkan, negara maju seperti Amerika Serikat pun ikut terkontraksi sangat dalam perekonomiannya. Juga kenaikan rasio utang hingga double digit. Begitu juga dengan negara Eropa yang semuanya mengalami kontraksi, sampai saat ini negara-negara di Eropa masih melakukan lock down akibat ditemukan varian baru dari Covid-19.

Untuk Indonesia, kontraksi perekonomian terdalam terjadi pada kuartal II-2020. Ekonomi pada kuartal tersebut minus hingga 5,32 persen. Ini adalah kontraksi ekonomi terdalam yang dialami Indonesia sejak krisis 1997 hingga 1998 silam.

"Adapun kontraksi yang terjadi di Indonesia disebabkan pembatasan sosial yang dilakukan pada saat itu. Ini menyebabkan aktivitas perekonomian dan mobilitas masyarakat terhenti karena diharuskan menjaga jarak dan bekerja dari rumah," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Indonesia Perlahan Bangkit...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini