Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat ke Rp14.430 per USD

Selasa, 4 Mei 2021 15:32 Reporter : Anggun P. Situmorang
Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat ke Rp14.430 per USD Rupiah. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup menguat 20 poin dilevel Rp 14.430 per USD dibanding penutupan sebelumnya di level Rp14.450 per USD. Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuasi, namun ditutup menguat direntang Rp14.410 hingga Rp14.450 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, tantangan pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19 masih sangat tinggi pada tahun depan yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor.

"Dan ini menjadi tantangan di mana kita perlu mengakselerasi pemulihan ekonomi sekaligus kesehatan APBN yang sudah bekerja sangat keras dalam dua tahun berturut-turut untuk menanggulangi pandemi," ujar Ibrahim dalam riset harian, Jakarta, Selasa (4/5).

Pandemi masih memiliki risiko tinggi pada tahun depan, karena saat ini kasus Covid-19 secara global telah mencapai di atas 800.000 per hari dan muncul berbagai varian baru. Gelombang baru kasus Covid-19 pun juga bermunculan di berbagai negara seperti India, Brasil, Chili, Turki, dan beberapa negara Eropa.

"Berbagai risiko pandemi tersebut akan mempengaruhi upaya pemulihan ekonomi pada tahun ini dan tahun depan yang dilandasi oleh faktor eksternal maupun domestik," jelas Ibrahim.

Oleh karena itu Pemerintah akan terus memperpanjang PPKM sekala Mikro guna untuk menekan laju penyebaran Covid-19. Di samping terus melakukan vaksinasi terhadap semua warga negara.

Dengan terus ditekannya wabah Covid-19 ada harapan besar pandemi akan kembali menurun dan masyarakat bisa beraktivitas kembali secara normal dan ini perlu ada kerjasama antara pemerintah dan masyarakat guna untuk menanggulanginya secara bersama-sama. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini