Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.217 per USD

Selasa, 12 Oktober 2021 15:50 Reporter : Anggun P. Situmorang
Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.217 per USD Mata Uang Dolar AS dan Rupiah. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah ditutup melemah 10 poin di level Rp14.217 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.207 per USD. Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat direntang Rp14.190 hingga Rp14.230 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pergerakan mata uang Garuda dipengaruhi oleh program pengampunan pajak atau kini disebut pengungkapan sukarela alias tax amnesty jilid II akan digelar lagi.

"Tax amnesty jilid kedua memberikan kesempatan kepada wajib pajak untuk mengungkapkan secara sukarela atas harta yang belum dilaporkan dalam program pengampunan pajak 2016-2017 maupun dalam SPT Tahunan 2020," katanya dalam riset harian, Jakarta, Selasa (12/10).

Adapun program ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan sukarela wajib pajak dan diselenggarakan berdasarkan asas kesederhanaan, kepastian hukum, serta kemanfaatan. Kemudian, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan mengungkap persiapan yang tengah dilakukan jelang pelaksanaan program pengungkapan pajak secara sukarela (PPS).

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

nilai tukar rupiah ditutup melemah ke level rp14.217 per usd

Sebab, program ini nantinya akan dilaksanakan secara elektronik melalui saluran elektronik, termasuk surat keterangannya (S-KET). Semuanya dilakukan fully automated. Oleh sebab itu, pemerintah sedang menyiapkan sarana IT-nya.

Selain dari sisi IT, juga tengah menyusun aturan pelaksanaan sebagai turunan dari Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) yang menjadi landasan pelaksanaan program tax amnesty jilid kedua itu. Targetnya, aturan pelaksana akan terbit sebelum program dijalankan mulai 1 Januari 2022 mendatang.

"Sembari menunggu IT dan aturan pelaksana, DJP akan memberikan sosialisasi kepada wajib pajak (WP) terkait tax amnesty jilid kedua. Namun, belum dirinci seperti apa jadwal sosialisasi tersebut," jelas Ibrahim.

Baca juga:
Kurs Rupiah Melemah ke Level Rp14.213 per USD
Kurs Rupiah Ditutup Menguat Seiring Terkendalinya Pandemi Covid-19 di Tanah Air
Kurs Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.222 per USD
Rupiah Diprediksi Melemah Dipicu Kenaikan Imbal Hasil Surat Utang AS
Rupiah Ditutup Menguat Jelang Rilis Laporan Tenaga Kerja AS
BI Kembali Buka Layanan Uang Rupiah Mulai 8 Oktober 2021
Rupiah Ditutup Menguat Didukung Sentimen Tax Amnesty Jilid II

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini