Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.125 per USD

Selasa, 12 Januari 2021 15:49 Reporter : Anggun P. Situmorang
Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.125 per USD Rupiah. ©2018 Merdeka.com/Azzura Zurae

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat atau USD ditutup melemah ke level Rp14.130 dari penutupan sebelumnya di level Rp14.125 per USD. Rupiah tercatat melemah sebesar 5 poin pada perdagangan hari ini.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan, pelemahan mata uang Garuda dipicu oleh reaksi pasar terhadap masuknya 15 juta dosis bahan baku vaksin Covid-19. Di mana bahan baku tersebut telah sampai di Indonesia.

"Bahan baku vaksin Sinovac asal China menjadi kali ketiga setelah sebelumnya juga kedatangan 1,8 juta dosis vaksin pada 30 Desember 2020 sedangkan vaksin tahap pertama datang pada 6 Desember," ujarnya melalui riset harian, Jakarta, Selasa (12/1).

Bahan baku tersebut akan langsung diproses dalam laboratorium milik Bio Farma untuk kembali ditindaklanjuti. Bio Farma memiliki waktu sekitar satu bulan untuk memproduksi vaksin. Sedangkan proses vaksinasi akan dilakukan pada Rabu 13 Januari 2020.

"Presiden Joko Widodo (Jokowi) diberitakan akan menjadi orang pertama yang disuntik vaksin," jelas Ibrahim.

Selain faktor itu, pengetatan PSBB Jawa –Bali sudah diterapkan. Untuk operasional Mall, cafe dan lainnya sudah mulai dibatasi dan ini di lakukan guna untuk mencegah Covid-19. "Di awal tahun terus meningkat sehingga apa yang dilakukan oleh Pemerintah sudah sesuai dengan regulasi negara-negara di dunia yang juga melakukan hal yang sama," tandasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini