Nilai Tukar Rupiah Bergerak Stabil di Level Rp14.000 per USD

Senin, 18 November 2019 09:30 Reporter : Idris Rusadi Putra
Nilai Tukar Rupiah Bergerak Stabil di Level Rp14.000 per USD Rupiah. ©2018 Merdeka.com/Azzura Zurae

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) nampaknya masih betah di level Rp14.000-an per USD. Pagi ini, Rupiah dibuka di level Rp14.070 per USD atau menguat tipis dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp14.076 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah kembali melemah usai pembukaan. Tercatat, nilai tukar saat ini berada di Rp14.073 per USD.

1 dari 1 halaman

Nilai Tukar Rupiah Stabil

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, menyebutkan nilai tukar Rupiah tetap stabil meski tengah terjadi gejolak global akibat penurunan suku bunga acuan Amerika Serikat (AS) oleh The Fed. Hal ini menunjukkan bahwa Rupiah masih tahan banting di pasar.

"Bergerak relatif stabil, mekanisme pasar berkembang secara baik mengenai supply dan demand," kata dia, di Jakarta, Jumat (1/11).

Oleh karena itu, Perry berterima kasih kepada dunia perbankan dan dunia usaha yang telah menjaga stabilitas nilai tukar Rupiah. "Jadi tidak ada pengaruh pengaruh yang signifikan mengenai apa yang terjadi di global termasuk juga penurunan suku bunga The Fed," ujarnya.

Bahkan, lanjutnya, nilai tukar sempat beberapa kali berada di bawah angka 14.000 per USD. "Begitu di bawah itu kemudian sejumlah korporasi yang membutuhkan dolar kemudian meningkatkan pembelian baik untuk impor atau pembayaran, tapi di satu sisi eksportir juga kemudian mensupply dan ini bergerak sesuai dengan mekanisme pasar dan itu mendukung stabilitas nilai tukar," ujarnya. [idr]

Baca juga:
Sentimen Ahok Masuk BUMN Bantu Rupiah Tak Melemah Tajam
Nilai Tukar Rupiah Kembali Terkapar Dipicu Pernyataan Donald Trump Sudutkan China
Rupiah Dibuka Melemah Jelang Akhir Pekan ke Posisi Rp14.009 per USD
Rupiah Kembali Bergerak Melemah ke Level 14.043 per USD
Rupiah Pagi ini Dibuka Menguat ke Posisi Rp13.990 per USD
Rupiah Kembali Melemah ke Level Rp14.029 per USD

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini