Nilai Pokok Lelang Capai Rp101,09 Triliun dalam 5 Tahun

Senin, 15 November 2021 14:06 Reporter : Siti Nur Azzura
Nilai Pokok Lelang Capai Rp101,09 Triliun dalam 5 Tahun Gedung Kementerian Perekonomian. Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Rionald Silaban mencatat nilai pokok lelang mencapai Rp101,9 triliun dengan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) lelang Rp2,24 triliun dalam 5 tahun terakhir. Menurutnya, hal tersebut tak terlepas dari peran seluruh pemangku kebijakan (stakeholders) lelang dalam mendukung optimalisasi capaian kinerja lelang DJKN.

"Kinerja lelang dalam lima tahun terakhir ini memang menunjukkan hasil yang membanggakan," ujar Rionald dalam acara Apresiasi Kekayaan Negara secara daring di Jakarta, dikutip Antara, Senin (15/11).

Lelang merupakan salah satu tugas dan fungsi lain dari DJKN di samping mengelola barang milik negara (BMN) dengan peran aktif dalam perekonomian nasional. Tak hanya mengemban fungsi sebagai sarana pemindahtanganan BMN dan sumber penerimaan negara, Rionald berpendapat lelang juga menjadi solusi bagi pemulihan keuangan negara melalui penjualan barang rampasan dan sitaan.

"Selain itu lelang turut membantu menyelesaikan rasio kredit macet (Non Performing Loan/NPL) perbankan dan mendukung fungsi intermediasi perbankan melalui lelang barang agunan, serta membantu menggerakkan roda perekonomian," tambahnya.

Dia menyampaikan minat masyarakat terhadap lelang khususnya lelang sukarela pun semakin meningkat, dengan objek yang ditawarkan kian bervariasi mulai dari motor, mobil, hingga produk-produk UMKM melalui penyelenggaraan kompetisi dan inovasi lelang produk UMKM tahun 2021.

Kegiatan tersebut telah dilakukan dengan tujuan mengeksplorasi produk UMKM dan meningkatkan kerja sama dengan pengusaha UMKM, serta menjadi upaya DJKN dalam mendukung program pemulihan ekonomi nasional. [azz]

Baca juga:
Naik Rp4.397 Triliun, Total Aset Negara di 2020 Capai Rp11.098 Triliun
Menteri Sri Mulyani Apresiasi K/L Mampu Menjaga Kekayaan Negara
Negara Punya Piutang Rp76 Triliun, Kapan Bisa Ditagih Semua?
Mengenal Tugas dan Fungsi PUPN Serta Nasib Aset yang Telah Disita Negara
Alamat Debitur Tak Lengkap Jadi Hambatan PUPN Tagih Piutang Negara
PUPN Catat Jumlah Piutang Negara dan Daerah Tembus Rp76,89 triliun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini