Nasabah Minta DPR Restui Penjualan Mal Citos untuk Bayar Utang Jiwasraya

Selasa, 10 Maret 2020 12:34 Reporter : Merdeka
Nasabah Minta DPR Restui Penjualan Mal Citos untuk Bayar Utang Jiwasraya Ilustrasi Jiwasraya. ©2020 Liputan6.com

Merdeka.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana menjual salah satu aset PT Asuransi Jiwasraya (Persero) untuk menutup pembayaran utang pada nasabah. Adapun aset yang dipertimbangkan untuk dijual yakni Mal Cilandak Town Square (Citos) yang nilainya diperkirakan Rp2-3 triliun.

Salah seorang nasabah Jiwasraya, Machril (66 tahun), mendukung langkah perseroan untuk menjual pusat perbelanjaan besar yang terletak di Jakarta Selatan tersebut. Kendati demikian, Machril menilai hasil penjualan aset itu belum akan cukup untuk melunasi utang kepada seluruh nasabah yang diprediksi mencapai sekitar Rp17 triliun.

"Ya itu baik. Tapi kan kalau kata berita-berita dana nasabah itu Rp17 triliun, sementara Citos cuman Rp3 triliun. Gaji pegawai sih tidak akan nutupin lah. Saya rasa itu belum akan cukup," ujar dia kepada Liputan6.com, Selasa (10/3).

Dia pun meminta agar DPR RI segera memberikan izin bagi Jiwasraya untuk dapat menjual asetnya tersebut. "Harus cepat. Lebih cepat lebih baik," seru dia.

2 dari 2 halaman

Nasabah Minta Aset Pelaku Disita

aset pelaku disita rev1

Di lain sisi, Machril juga turut mengomentari pemberian sanksi bagi pihak pelaku gagal bayar klaim yang dianggapnya sangat merugikan nasabah hingga negara. Dia lantas menyerukan agar pemerintah bertindak menyita aset para pelaku.

"Oh iya, kalau perlu dimiskinkan sampai 0. Kayak di Singapura aja, yang korupsi kan disuruh sampai nyapu jalanan. Tapi sekarang saya lihat aset-aset para pelaku kayak rumah di Menteng aja masih diisi," tuturnya.

Lebih lanjut, Machril juga meminta agar para nasabah yang jumlahnya tak sedikit turut dilibatkan dalam proses penyelesaian kasus Jiwasraya.

"Kami yang nabung di sini juga kan bukan orang yang gampang percaya begitu aja. Banyak orang yang berpendidikan tinggi. Kami mau kejelasan dengan ikut terlibat aja, karena masih banyak opsi-opsi yang dipertanyakan," pintanya

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Cara Pemerintah Kembalikan Uang Nasabah Jiwasraya Sampai Jual Mal Citos
BPK Sebut Kerugian Negara Akibat Kasus Jiwasraya Capai Rp16,8 Triliun
Cair Bulan Ini, Pembayaran Uang Nasabah Jiwasraya Pakai Dana Efisiensi Gedung
Mal Citos Bakal Dijual untuk Bayar Dana Nasabah Jiwasraya
Kasus Korupsi Jiwasraya, Kejagung Kembali Periksa Benny Tjokrosaputro
Ketua PPATK Sebut BPK Bakal Umumkan Kerugian Negara Kasus Jiwasraya
Faisal Basri Kritik Keras OJK Terkait Kasus Jiwasraya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini