Naik Kereta Inspeksi, Bos KAI Cek Kesiapan Angkutan Lebaran 2019

Selasa, 23 April 2019 10:37 Reporter : Merdeka
Naik Kereta Inspeksi, Bos KAI Cek Kesiapan Angkutan Lebaran 2019 Dirut KAI Edi Sukmoro. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Edi Sukmoro mengecek kesiapan kereta sebagai angkutan Lebaran 2019 ke berbagai wilayah di pulau Jawa dengan menggunakan kereta khusus, yakni KA Inspeksi. Kegiatan inspeksi ini dilakukan selama tiga hari, yang dimulai pada 23 hingga 25 April 2019.

Edi mengatakan, kegiatan inspeksi ini sengaja dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan moda kereta api dalam menghadapi angkutan Lebaran tahun ini.

"Saya meminta kepada seluruh pegawai KAI agar memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat, khususnya selama momen Lebaran 2019. Mulai dari kesiapan jalur, stasiun, pelayanan, hingga SDM KAI harus benar-benar dipastikan siap dalam melayani penumpang pada masa angkutan lebaran 2019 nanti," tuturnya di Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (23/4).

Tak hanya itu, dalam perjalanan ini juga dilakukan identifikasi akan titik-titik rawan yang harus dijaga ekstra. Ini mengingat arus perjalanan kereta api semakin banyak saat momen Lebaran 2019.

Titik rawan yang dimaksud dapat berupa daerah rawan banjir, tanah longsor, hingga pelemparan dan vandalisme.

Edi akan menyiagakan petugas pemeriksa jalur tambahan, penjaga jalan lintasan tambahan, serta petugas pengamanan tambahan yang bekerjasama dengan TNI-Polri.

"KAI juga menyediakan alat serta material yang ditempatkan di titik-titik tertentu sehingga jika dalam keadaan darurat, perbaikan dapat segera dilakukan," sambung dia.

Dalam sesi inspeksi kali ini, terdapat dua KA Inspeksi yang perjalanan keduanya dimulai dari Stasiun Gambir. Pertama yakni KA Inspeksi Generasi 3, yang akan menuju Stasiun Cirebon, Purwokerto, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Jember, hingga Stasiun Banyuwangi melalui jalur Lintas Utara Jawa.

Sedangkan Lintas Selatan Jawa akan menggunakan KA Inspeksi Generasi 2 yang akan menuju Stasiun Bandung, Purwokerto, Semarang Tawang, Malang, hingga Stasiun Surabaya Gubeng.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini