Mukesh Ambani Jadi Orang Terkaya di Asia, Hartanya Tembus Rp1.436 Triliun

Senin, 18 Oktober 2021 07:30 Reporter : Merdeka
Mukesh Ambani Jadi Orang Terkaya di Asia, Hartanya Tembus Rp1.436 Triliun Mukesh Ambani. ©2018 AFP Photo

Merdeka.com - Saham perusahaan Reliance Industries melonjak lebih dari 30 persen dan mengantarkan Mukesh Ambani masuk ke klub eksklusif orang terkaya di dunia. Total kekayaannya diperkirakan mencapai USD 101,4 miliar (Rp1.436 triliun).

Jumlah tersebut membuat Ambani menempati peringkat ke-10 orang terkaya di dunia sehingga bergabung bersama Elon Musk dan Jeff Bezos. Dengan demikian, dia juga menyabet gelar sebagai orang terkaya Asia.

Melansir dari Forbes, sebagian besar kekayaan Ambani berasal dari sahamnya di Reliance, perusahaan yang bergerak dalam bidang penyulingan minyak dan petrokimia. Perusahaan yang dibangun oleh ayahnya, Dhirubhai Ambani diwariskan kepada sang anak pada 2002.

Reliance yang didirikan pada 1996 awalnya adalah produsen tekstil kecil. Kemudian, perusahaan berkembang dari waktu ke waktu dan membuatnya menjadi sebuah kerajaan kain, tekstil, dan energi.

Sejak mewarisi Reliance, Ambani berhasil mengembangkannya menjadi perusahaan konglomerat yang memiliki berbagai bisnis, seperti petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, hingga retail.

Ketika terjun ke bisnis telekomunikasi pada 2016, dia membuat perusahaan Reliance Jio yang saat ini menjadi operator seluler terbesar India dan memiliki banyak pelanggan. Diketahui Jio baru saja mengembangkan smartphone buatan India yang bekerja sama dengan Google.

2 dari 2 halaman

Ubah Strategi Bisnis

Pada pertemuan pemegang saham tahunan yang dilaksanakan bulan Juni, Ambani memaparkan rencananya untuk mengubah bisnis energi miliknya ke energi hijau dengan investasi lebih dari USD 10 miliar (Rp141,6 triliun) selama tiga tahun.

Reliance ingin mendirikan empat pabrik giga untuk membuat modul fotovoltaik, baterai penyimpanan energi, electrolyzer, dan sel bahan bakar. Rencananya, perusahaan akan memiliki 100 GW energi surya pada 2030.

Selanjutnya, Ambani juga melaporkan bahwa Reliance berhasil mengumpulkan USD 44,4 miliar (Rp629 triliun). Jumlah tersebut menjadi peningkatan modal terbesar yang pernah diraih oleh perusahaan mana pun dalam setahun.

Dana dikumpulkan melalui penjualan saham di Jio Platforms dan Reliance Retail, Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue kepada pemegang saham, serta monetisasi aset.

Sebagai tambahan informasi, Jio Platforms adalah bisnis digital grup yang memegang unit telekomunikasi. Adapun para investor Jio Platform di antaranya termasuk pemain ekuitas swasta, seperti TPG, General Atlantic, dan KKR, serta raksasa teknologi Facebook dan Google.

"Peningkatan modal ini merupakan kepercayaan yang kuat dari investor global terhadap potensi pertumbuhan India. Ini mencerminkan keyakinan mereka pada kemampuan manajemen perusahaan untuk melaksanakan proyek-proyek ambisius dan rencana untuk menciptakan nilai jangka panjang," kata Ambani kepada para pemegang saham.

Reporter: Shania

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Miliuner Jeff Bezos Pamerkan Artikel Lawas yang Ramal Amazon Gagal, Begini Faktanya
Daftar 10 Wanita Terkaya AS 2021 Versi Forbes Beserta Sumber Pundi-pundinya
Cerita 6 Miliuner dan Pebisnis Dunia Terinspirasi Ajaran Steve Jobs
Orang Terkaya di Asia Bakal Buka Gerai 7-Eleven di India
Donald Trump Tak Lagi Jadi Orang Terkaya AS, Ini 24 Miliarder Properti Versi Forbes

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Orang Terkaya
  3. Bursa Saham
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini