Muhammadiyah Segera Terbitkan Juknis Dana di Bank Syariah Indonesia

Selasa, 22 Desember 2020 16:15 Reporter : Merdeka
Muhammadiyah Segera Terbitkan Juknis Dana di Bank Syariah Indonesia syariah. shutterstock

Merdeka.com - PP Muhammadiyah akan segera menerbitkan petunjuk teknis (juknis) terkait penggunaan dana amal usaha dan persyarikatan yang disimpan di Bank Syariah Indonesia.

Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto mengatakan, juknis tersebut juga akan mengatur penempatan dana setelah PT Bank Syariah Indonesia efektif beroperasi nanti.

"Dalam waktu dekat, pimpinan pusat Muhammadiyah akan menerbitkan petunjuk teknis terkait dana amal usaha dan persyarikatan yang disimpan di 3 bank syariah pemerintah dan penempatan dana setelah Bank Syariah Indonesia mulai beroperasi," ujar Agung dalam konferensi pers virtual, Selasa (22/12).

Agung menjelaskan, pandangan terkait Bank Syariah Indonesia dari Muhammadiyah tidak memiliki kaitan dengan signifikansi dana pihak manapun yang tersimpan di sana, melainkan menyangkut tuntutan akuntabilitas publik terhadap Bank Syariah Indonesia itu sendiri.

Muhammadiyah menilai, penggabungan 3 bank syariah BUMN ini memang sudah dilakukan berdasarkan pengkajian yang komprehensif dan mendalam. Muhammadiyah meminta agar pengelolaan bank hasil merger ini menerapkan konsep good governance, profesional dan terpercaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Pengelolaan dan manajemen Bank Syariah Indonesia harus benar-benar dikontrol dengan seksama, transparan, akuntabel sehingga sejalan dengan perundang-undangan yang berlaku," ujar Agung.

"Serta, tidak ada pihak manapun yang menyalahgunakan dan memanfaatkan perbankan Indonesia untuk kepentingan yang bertentangan dengan asas, fungsi dan tujuannya," tuturnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini