Mudik Lebaran 2019, Pemerintah Diminta Tetap Beri Perhatian Jalan Non Tol

Selasa, 14 Mei 2019 14:09 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Mudik Lebaran 2019, Pemerintah Diminta Tetap Beri Perhatian Jalan Non Tol Jalan Alas Roban untuk Mudik Lebaran 2019. wordpress.com

Merdeka.com - Semakin banyak jalan tol yang dapat dilalui dan dijadikan pilihan para pemudik pada Lebaran 2019. Selain tol Trans Jawa, yang tahun ini sudah dapat digunakan untuk perjalanan mudik adalah ruas Tol Bakauheni-Terbanggi-Palembang.

Pengamat transportasi, Djoko Setijowarno, menegaskan pemerintah jangan lengah dengan kehadiran tol tersebut. Akan tetapi juga harus memperhatikan jalur non tol.

"Belajar dari kasus jalan non tol Jakarta-Cikampek yang dapat dikatakan jarang digunakan perjalanan jarak jauh setelah hadir Tol Jakarta-Cikampek," kata dia, di Jakarta, ditulis Selasa (14/5).

Meski sudah ada jalan tol, dia menyatakan bahwa jalan non tol juga harus dirawat seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal yang sama juga berlaku untuk jalan provinsi dan jalan kab/kota. Hal tersebut perlu dilakukan sebab tidak semua pemudik akan melalui jalan tol.

Adapun beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah kecukupan rambu, marka, penerangan jalan umum dan APILL.

"Harus diperhatikan. Pemudik pasti akan menggunakan jalan non tol untuk tiba di tempat tujuannya. Pemudik pesepeda motor yang rentan kecelakaan untuk jarak jauh, jangan sampai terjadi kecelakaan karena jalannya masih banyak yang berlubang. Waktu istirahat juga harus diperhatikan dengan cermat oleh pemudik roda dua," ujarnya.

Selain itu, perlintasan sebidang KA dengan jalan raya masih rawan kecelakaan. Utamanya yang berlintasan dengan jalan desa atau kabupaten. Tidak terjaga, entah resmi atau lintas. Biasanya yang kerap jadi korban adalah yang jarang melintas.

"Saat mudik seperti ini, pemda perlu menambah penjagaan terhadap perlintasan yang selama ini tidak terjaga dengan melibatkan masyarakat sekitar. Kelengkapan rambu dan marka pada Lebaran 2019 harus dapat perhatian," tutupnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini