MRT Berencana Perpanjang Rute ke Ciputat, Pamulang Sampai Pondok Cabe

Rabu, 6 Maret 2019 09:11 Reporter : Merdeka
MRT Berencana Perpanjang Rute ke Ciputat, Pamulang Sampai Pondok Cabe Stasiun MRT Koridor Bundaran HI. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - PT MRT Jakarta berencana memperpanjang rute hingga Banten. Rencananya rute yang dilewati yakni daerah Ciputat, Pamulang sampai Pondok Cabe di Tangerang Selatan.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar, mengatakan realisasi rencana ini bergantung keterlibatan pihak swasta. "Jadi tidak oleh pemerintah, tetapi kita akan mendorong keterlibatan pihak swasta mulai dari Lebak Bulus ke selatan, melewati Ciputat, Pamulang sampai ke Pondok Cabe," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Selasa (5/3).

Sementara, untuk jangka waktu dekat, perpanjangan rute akan dilakukan untuk kawasan Bunderan HI hingga ke Jakarta Kota atau Ancol. Fase ini terdiri dari delapan stasiun.

"Jadi pembangunan fase II ini sudah mulai kita proses. Fase II ini dimulai dari titik akhir Bundaran HI, kemudian ke Sarinah, Monas, Harmoni sampai ke Kota. Itu ada 8 stasiun. Kita mulai tahun ini. Proses pengadaannya juga sudah mulai," ujar dia.

Jika tidak ada kendala berarti, lanjut dia, ditargetkan MRT fase II ini bisa beroperasi di 2024. Sehingga pada tahun tersebut, masyarakat bisa menikmati layanan transportasi massal tersebut dari wilayah selatan Jakarta yaitu Lebak Bulus hingga ke utara Ibu kota.

"Dan kita berharap kalau ontime mulai tahun ini, di 2024 sudah mulai bisa menikmati layanan di fase II. Jadi dari selatan di Lebak Bulus sampai ke Kota atau Ancol akan terhubung kira-kira sepanjang 25 km," kata dia.

Selain koridor utara-selatan, MRT Jakarta juga rencananya dibangun untuk koridor barat-timur, yaitu dari Kalideres di Jakarta Barat hingga ke Pulomas di Jakarta Timur. Koridor ini akan berpotongan dengan koridor utara-selatan di kawasan Sarinah.

"Selain utara-selatan, kemudian juga timur-barat yang nanti akan berpotongan di Sarinah. Jadi timur-barat itu mulai dari Kalideres, kemudian kawasan di Cengkareng, ke Kembangan, masuk ke arah Sarinah, kemudian berinteraksi sampai ke timur itu di ujung Menteng, kawasan Pulomas. Itu potensi yang akan kita kembangkan untuk MRT East-West," jelas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini