Motor Masuk Tol, Ketua DPR Sebut Bentuk Kepedulian Pemerintah Pada Rakyat

Rabu, 30 Januari 2019 11:53 Reporter : Sania Mashabi
Motor Masuk Tol, Ketua DPR Sebut Bentuk Kepedulian Pemerintah Pada Rakyat Bambang Soesatyo bahas motor masuk tol. ©dpr.go.id

Merdeka.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Bambang Soesatyo, berharap pemerintah menambah jalur khusus sepeda motor di jalan tol. Menurut dia, rencana motor masuk tol, sebagai bentuk kepedulian pemerintah pada masyarakat yang belum mampu memiliki mobil pribadi.

"Ini adalah bentuk kepedulian pemerintah dan masyarakat yang belum mampu memiliki mobil tapi hanya mampu memiliki motor itu pun mungkin sebagian besar kredit," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/1).

"Jadi harus ada keberpihakan dari pemerintah bagi pemakai motor menggunakan jalan dan menikmati hasil pembangunan negaranya," sambungnya.

Bamsoet mengatakan penerapan jalur khusus motor ini bisa mengurangi potensi kecelakaan. Tambahnya, pemberian jalur khusus di jalan tol juga sudah dilakukan di beberapa tempat seperti Suramadu, dan Bali.

"Karena satu jalur sehingga satu arah tidak ada potensi bertabrakan dari yang berlainan arah," ungkapnya.

Politikus Partai Golkar ini juga yakin potensi kebut-kebutan sepeda motor di jalan tol tidak akan terjadi. Karena jalur khusus motor hanya sebesar 2,5 meter dan dibangun dengan pembatas. "Pemakai jalannya otomatis dengan sendirinya menjadi teratur tertib dan sopan," ujarnya.

Kemudian, lanjutnya, pemerintah juga harus menegaskan pada investor pembangunan jalan tol untuk memberikan ruas jalur khusus bagi sepeda motor.

"Ditambah lagi satu persyaratan, boleh bangun jalan tol di Indonesia asal saudara jangan ambil keuntungan dari roda saja. Tapi juga menyediakan fasilitas dan sarana ruas khusus untuk pemakai jalan yang memiliki kendaraan motor roda dua," ucapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Jokowi-JK tengah mengkaji usulan sepeda motor bisa melintas di jalan tol. Usulan motor masuk tol dikeluarkan karena pemerintah menilai para pengguna kendaraan roda dua memiliki hak yang sama dengan pengendara mobil untuk mengakses jalan bebas hambatan. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini