Moeldoko: Kartu Prakerja Realisasi Janji Kampanye Presiden Jokowi

Jumat, 20 Maret 2020 13:09 Reporter : Anisyah Al Faqir
Moeldoko: Kartu Prakerja Realisasi Janji Kampanye Presiden Jokowi Menko Airlangga Saat Peluncuran Kartu Prakerja. ©2020 Foto: Zaki/Humas Ekon

Merdeka.com - Pemerintah resmi merilis Program Kartu Prakerja. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan peluncuran program ini bentuk realisasi janji Presiden Joko Widodo di masa kampanye lalu.

"Kartu Prakerja ini janji Presiden dan kami buat desain terbaik untuk diimplementasikan," kata Moeldoko di Kantor Komplek Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (20/3).

Moeldoko menegaskan program ini bukan menggaji pengangguran. Melainkan program pemberian pembiayaan untuk mendapatkan pelatihan kerja.

Mantan Panglima TNI ini mengatakan program Kartu Prakerja berperan mendorong para pesertanya untuk memiliki keahlian sebagai pekerja dan berwirausaha. Sebab, banyak perusahaan industri yang membutuhkan tenaga kerja berpengalaman dan memiliki keahlian.

"Kalau mereka tidak dikasih pelatihan nanti tidak dapat kerja, maka kita bikin kartu kerja," kata Moeldoko.

Peserta Kartu Prakerja nantinya bisa menambah, melengkapi atau meningkatkan keahlian. Namun dia mengingatkan, Kartu Prakerja tidak menjaminkan pesertanya bakal langsung mendapat pekerjaan setelah menyelesaikan program.

"Jadi ini bukan jaminan mendapat pekerjaan," kata dia.

1 dari 1 halaman

Daftar Daerah Pelaksana Program Kartu Prakerja

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan program ini nantinya bakal lebih difokuskan bagi pencari kerja baru.

"Kartu pra kerja diprioritaskan bagi pencari kerja muda dan bantuan pemerintah diharapkan tenaga kerja muda bisa lebih kompeten berdaya saing dan produktif," ucap Menko Airlangga.

Dia mengatakan tahap awal pemerintah akan melakukan sosialisasi situs www.prakerja.go.id kepada seluruh masyarakat.

"Kartu Prakerja ini tahap awalnya akan dilakukan untuk sosialisasi ke masyarakat dan 2 minggu dari sekarang. Kami harapkan, sudah bisa masyarakat memilih dan mempelajari sehingga bisa memutuskan akan ikut pelatihan di mana. 2 minggu dari sekarang pendaftaran dibuka," kata Menko Airlangga.

Program tersebut mulai berlaku di daerah yang paling terdampak covid-19, yakni Bali, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Utara, serta Surabaya (Jawa Timur) karena dianggap paling siap menjalankan program tersebut.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6

[bim]

Baca juga:
Begini Tata Cara Mendaftar Jadi Peserta Kartu Prakerja
Pendaftaran Peserta Kartu Prakerja Dimulai Awal April 2020
Kartu Prakerja Resmi Diluncurkan, Tiap Peserta Bisa Dapat Dana Hingga Rp 7 Juta
Pengangguran Indonesia Setara Penduduk Hong Kong dan Ujian Kartu Prakerja
Penganggur Muda Dikhawatirkan Tak Tertarik Ikut Program Kartu Pra Kerja
Moeldoko Tegaskan Kartu Prakerja Bukan Beri Gaji Pengangguran

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini