Moeldoko dan Ahok Siap 'Gigit' Mafia Migas dan Turunkan Harga Gas Industri

Selasa, 14 Januari 2020 15:37 Reporter : Merdeka
Moeldoko dan Ahok Siap 'Gigit' Mafia Migas dan Turunkan Harga Gas Industri Ahok. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bertemu Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/1). Keduanya membahas soal harga gas industri yang masih mahal.

"Tadi banyak yang kita bahas, pertama sudah menjadi keinginan presiden bahwa harga gas harus diturunkan. Karena berkaitan dengan keberlangsungan industri, gas sebagai penopang utama untuk industri sehingga kita akan kawal bersama-sama agar kebijakan presiden betul-betul bisa direalisasikan," kata Moeldoko usai bertemu Ahok.

Selain itu, Moeldoko mengaku juga berdiskusi soal penyelesaian masalah minyak dan gas (migas) bersama Ahok. Pasalnya, mafia migas kerap membuat Presiden Joko Widodo atau Jokowi geram. Bahkan, Jokowi pernah mengatakan ingin menggigit mafia migas.

"Beliau sudah sering muncul kata-kata yang begitu keras (soal mafia migas). Saya pikir jangan sampai ke presiden lah, kalau perlu 'menggigit' ya, saya duluan yang menggigit, jangan presiden duluan," tegas Moeldoko.

Untuk itulah, Moeldoko berdiskusi dengan Ahok guna mencari cara menurunkan harga gas industri. Menurut dia, perlu adanya kolaborasi antara pemerintah dengan Pertamina agar keinginan Jokowi memberantas mafia migas bisa terealisasi.

"Kami ingin melihat bagaimana mengelola isu-isu strategis, khususnya di Pertamina yang relatif selalu muncul dan kami tadi sepakat dengan beliau (Ahok) untuk mari kita berkolaborasi agar semuanya nanti terkelola dengan baik," ucap mantan Panglima TNI itu.

1 dari 1 halaman

Ahok Kantongi Cara Turunkan Harga Gas

cara turunkan harga gas rev1

Sementara itu, Ahok memastikan akan bekerja untuk mencapai keinginan Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta telah mengantongi dukungan dari Moeldoko untuk mewujudkan harga gas turun dan membasmi mafia migas.

Ahok menyebut bahwa Pertamina sudah memiliki jalan keluar menurunkan harga migas. Namun, dia meminta agar hal itu ditanyakan langsung ke Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

"Kami sudah ada rumusnya, nanti tanya kepada Dirut lah, kan aku kan cuma komisaris," tutur dia. [idr]

Baca juga:
Bos SKK Migas Sebut Sisi Distribusi Perlu Dibongkar Untuk Turunkan Harga Gas
Perparah Defisit Berjalan, Impor Gas Tak Dipilih Sebagai Solusi Turunkan Harga
Deretan Strategi ESDM Turunkan Harga Gas Menjadi USD 6 per MMBTU
Selain Mahal, Menperin Keluhkan Perbedaan Harga Gas Antar Daerah
ESDM: Harga Gas Indonesia Dibanding Malaysia Masih Lebih Murah
Menteri ESDM: Pengusaha tak rugi jika harga gas naik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini