Mobilitas Masyarakat di Akhir 2021 Menunjukkan Perbaikan

Senin, 17 Januari 2022 15:36 Reporter : Anisyah Al Faqir
Mobilitas Masyarakat di Akhir 2021 Menunjukkan Perbaikan Suasana jam pulang kantor di masa PSBB transisi. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan perubahan mobilitas masyarakat pada Desember 2021 mengalami perbaikan. Rata-rata di setiap tempat mengalami peningkatan aktivitas masyarakat baik di tempat perdagangan, ritel dan rekreasi, tempat belanja kebutuhan sehari-hari, taman, tempat transit hingga tempat kerja.

"Sejak September ini mengalami perbaikan dan ini pengaruhnya ke kinerja ekonomi," kata Kepala BPS Margo Yuwono dalam konferensi pers di Gedung BPS, Jakarta Pusat, Senin (17/1).

Peningkatan mobilitas masyarakat di tempat perdagangan, retail dan rekreasi naik menjadi 9,7 persen di Desember, dibandingkan November yang hanya 5,2 persen. Tempat belanja kebutuhan sehari-hari terus mengalami peningkatan sehingga pada Desember berada di level 29,29 persen. Lebih baik dari bulan November yang hanya 24,2 persen.

Kemudian aktivitas di taman menjadi 8,68 persen, dari yang sebelumnya berada di tingkat 0,0 persen. Mobilitas di tempat transit mengalami perbaikan meskipun angkanya masin negatif 10,32 persen. Membaik dari periode November yang negatif 15,6 persen.

Begitu juga aktivitas di tempat kerja. Meskipun mengalami perbaikan di angka negatif 9,13 persen, namun sedikit lebih baik dari November yang negatif 9,5 persen. "Di tempat kerja ada perbaikan namun belum kembali pada kondisi normal. Masih lebih rendah 9 prsn dari kondisi normal," kata Margo.

Berbagai peningkatan aktivitas di luar rumah tersebut sejalan dengan kegiatan di dalam rumah yang terus mengalami penurunan. Pada Desember 2021, aktivitas di dalam rumah turun menjadi 4,58 persen dari yang sebelumnya 5,0 persen.

Tren penurunan aktivitas di rumah tersebut terpantau sejak bulan Agustus 2021 yakni 9,7 persen dari bulan Juli sebesar 13 persen. Meskipun penurunannya tidak banyak namun setiap bulannya mengalami perbaikan. [azz]

Baca juga:
Beras Masih Jadi Penyumbang Terbesar Kemiskinan di RI
Daftar Komoditas Ekspor yang Turun di Desember 2021
Kepala BPS: Tingginya Inflasi Bisa Picu Kenaikan Angka Kemiskinan
Per September 2021, Jumlah Penduduk Miskin Turun 0,43 Persen
Neraca Perdagangan 2021 Surplus USD35,34 Miliar, Tertinggi dalam 5 Tahun
Impor RI di Desember 2021 Naik 10,51 Persen

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. BPS
  3. PPKM
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini