Mirip SBY, Presiden Jokowi targetkan Kalimantan jadi lumbung pangan

Jumat, 16 Januari 2015 20:27 Reporter : Idris Rusadi Putra
Mirip SBY, Presiden Jokowi targetkan Kalimantan jadi lumbung pangan panen padi. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman berambisi menjadikan Kalimantan sebagai lumbung pangan Indonesia. Pembangunan besar-besaran akan dilakukan mulai 2016 nantinya. Nantinya Kalimantan akan menjadi food estate atau kawasan produksi pangan.

Amran menyebut realisasi program ini akan bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

"Ke depan saya ingin kita membuat food estate di Kalimantan. Kami kaji 350.000 hektar. Kita kerjakan saja dulu 10.000 - 50.000 hektar," ucap Amran di Kantornya, Ragunan, Jakarta, Jumat (16/1).

Secara keseluruhan, luas food estate di Kalimantan nantinya akan mencapai 500.000 hektar. Berbagai macam bahan pangan akan ditanam mulai dari jagung, kedelai serta peternakan sapi.

"Jadi kita start dan kita bangun di Kalimantan. Tanam berbagai macam bahan pangan serta pemerintah membuat 10 unit pabrik gula luasnya 500.000. Tim kita bentuk dari sekarang," tutupnya.

Pembangunan food estate hampir mirip dengan program pemerintahan masa SBY yang membeli lahan dua juta hektar di Kalimantan. Menteri BUMN, Dahlan Iskan kala itu kerap bolak balik ke Kalimantan melihat realisasi pembangunan sawah dua juta hektar ini. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini