MIND ID: Nikel Bisa Dimanfaatkan untuk Baterai Pembangkit Tenaga Surya di Perumahan

Kamis, 15 Oktober 2020 15:08 Reporter : Anisyah Al Faqir
MIND ID: Nikel Bisa Dimanfaatkan untuk Baterai Pembangkit Tenaga Surya di Perumahan panel surya masjid istiqlal. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - CEO MIND ID, Orias Petrus Moedak, mengatakan konsumsi nikel saat ini terus meningkat. Di mana, kebutuhan nikel untuk kendaraan listrik hingga akhir 2030 mencapai 600.000 ton.

Orias mengatakan, sebagai negara dengan cadangan nikel besar, peluang ini harus dimanfaatkan. Indonesia tidak boleh lagi menjual nikel dalam bentuk mentah. Harus diolah terlebih dulu untuk menghasilkan nilai tambah.

"Ada peluang yang bisa kita manfaatkan mumpung nikel ini paling baik untuk baterai," kata Orias di Jakarta, Kamis (15/10).

Orias menjelaskan nikel dipercaya bermanfaat sebagai bahan baku pembuatan baterai pada kendaraan listrik. Selain itu, nikel juga bisa penyimpan cadangan energi yang paling baik dan bisa dikombinasikan dengan listrik tenaga matahari.

"Nah baterai ini bisa jadi storage dari pembangkit listrik tenaga matahari dan ini yang sedang disiapkan rencana besarnya," kata Orias.

Sehingga nikel tak hanya bisa digunakan untuk baterai kendaraan tetapi juga berfungsi bagi kebutuhan di perumahan. "Jadi bukan baterai untuk kendaraan semata tapi untuk kebutuhan di perumahan," kata dia.

Maka dari itu, saat ini Pertamina dan PLN tengah mempersiapkan pengelolaan nikel. Sementara itu pihaknya mengutus PT Aneka Tambang (Antam) untuk mulai ikut mengelola dari hulu sebagai fokus utama. Bila ada kesempatan, dia ingin Antam juga mengelolanya sampai di hilir.

"Khusus MIND ID, kita tugaskan Antam mulai dari hulu. Kalau bisa masuk hilir, bisa juga masuk. Tapi fokus utamanya hulu," pungkasnya.

Baca Selanjutnya: Makin Murah Pembangkit Listrik Tenaga...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini