Mimpi Menteri Bahlil Sejak SMP, Ingin Papua Punya Smelter

Jumat, 28 Mei 2021 18:30 Reporter : Merdeka
Mimpi Menteri Bahlil Sejak SMP, Ingin Papua Punya Smelter Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia mengaku senang dengan rencana PT Freeport Indonesia membangun pabrik pemurnian atau smelter tembaga baru di Papua.

Sebagai orang yang bertumbuh besar di Papua, Bahlil mengatakan, pembangunan smelter tersebut sudah jadi cita-citanya sejak menduduki bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Pertanyaan itu sekaligus menjadi jawaban dari pergumulan panjang orang Papua dalam membangun smelter. Bayangkan, sejak saya masih SMP, orang Papua waktu itu masih Provinsi Irian Jaya sudah memimpikan adanya smelter tembaga Freeport di Papua, Irian Jaya waktu itu," ungkapnya dalam sesi teleconference, Jumat (28/5).

Asa pembangunan smelter Papua tersebut terus dia simpan hingga masuk ke bangku kuliah. Ketika Irian Jaya berganti nama menjadi Papua pada 2001, Bahlil menyebutkan, mimpi itu terus dikumandangkan oleh banyak masyarakat Papua.

"Jadi bayangkan, dari saya SMP sampai jadi Kepala BKPM, mimpi orang Papua masih sama, ada smelter di Papua," ujar Bahlil.

2 dari 2 halaman

Beban Moral

Bahlil mengatakan, sebagai seorang anak yang banyak berproses di Papua, dirinya punya beban moral agar pemerataan pembangunan bisa terjadi hingga ujung Indonesia.

"Jadi kita ingin industri menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru. Kita ingin Papua juga menjadi bagian integral dari pada negara Indonesia yang bisa menciptakan kawasan pertumbuhan ekonomi baru," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
PLN: Kebutuhan Listrik Smelter di Sulawesi Capai 7.184 MVA
Bos Inalum Buka-bukaan Ungkap Bangun Smelter Rugi
Inalum Ungkap Syarat Utama Agar Pembangunan Smelter di Papua Terlaksana
Inalum Sebut Investor Mulai Melirik Alternatif Pembangunan Smelter Baru
Pandemi Covid-19 Jadi Alasan Molornya Pembangunan Smelter Freeport

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini