Miliuner Ini Sebut Anda Boleh Hamburkan Uang saat Menikah

Jumat, 7 Desember 2018 08:00 Reporter : Merdeka
Miliuner Ini Sebut Anda Boleh Hamburkan Uang saat Menikah Ilustrasi resepsi pernikahan. © Weddingwire.com

Merdeka.com - Mayoritas orang bicara tentang pentingnya menabung dan menentukan prioritas dalam hal pengeluaran. Namun, bagi miliuner, Ramit Sethi, ada beberapa hal dalam hidup di mana Anda layak untuk menghamburkan uang. Salah satunya adalah pernikahan.

"Itu salah satu hari spesial Anda, Anda pasti ingin banyak bunga atau kursi yang cantik, atau makanan yang lezat untuk para tamu. Mengapa tidak? Itu hari Anda," ujar Sethi, pakar keuangan personal sekaligus penulis 'I Will Teach You to be Rich', seperti dilansair dari CNBC, Senin (3/12).

Sethi juga berbagi pengalaman tentang mempersiapkan pernikahan dengan istri beberapa bulan lalu. Dia mengatakan, sebaiknya Anda mengakui betapa penting hari tersebut, membuat rencana keuangan, dan jangan hambat diri Anda dengan berpikir soal uang walau dalam jumlah sedikit.

Menurutnya, banyak orang perlu mempelajari berapa rata-rata biaya yang dibutuhkan untuk pernikahan di lokasi pernikahan masing-masing. Dengan begitu, Anda kan lebih termotivasi untuk menabung sejak jauh hari.

Selain itu, Anda juga perlu menakar usia ideal menikah, serta pendapatan dan kemampuan Anda menyimpan uang di usia tersebut. Yang paling penting menurutnya adalah Anda mengenali, pernikahan seperti apa yang ingin diwujudkan.

"Anda tak perlu menunggu hingga sudah bertunangan dunia atau bahkan memiliki kekasih, untuk mulai menabung. Meski banyak yang akan merasa aneh melihat Anda menyiapkan dana pernikahan terlalu cepat, tapi itulah yang benar," terang Sethi.

Dia menerapkan pola menabung untuk pernikahan tersebut pada dirinya sendiri. Pria yang menikah pada usia 36 tahun ini bahkan telah mempersiapkan dana pernikahan sejak dirinya masih berusia 24 tahun.

"Jauh sebelum menikah, ada dua hal yang saya sadari. Saya bisa menikah mendadak, dan saya tahu biayanya bisa sangat tinggi karena saya warga India (India terkenal dengan kemewahan pernikahannya)," terang Sethi.

Jadi, jangan biarkan momen penting hidup Anda lenyap begitu saja, lantaran Anda tidak mempersiapkan dana sejak dini.

Reporter: Siska Amelie F Deil

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini