Miliki Potensi Besar, Jateng Mulai Garap Energi Baru Terbarukan

Selasa, 2 Maret 2021 19:31 Reporter : Merdeka
Miliki Potensi Besar, Jateng Mulai Garap Energi Baru Terbarukan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. ©2021 istimewa

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memiliki potensi energi baru terbarukan (EBT) yang besar. Mulai dari panas bumi hingga gas rawa, tapi belum diolah dengan maksimal.

"Potensi energi baru terbarukan di Jawa Tengah ternyata banyak sekali. Waktu itu kita bicara gas rawa, dan itu lumayan karena cukup banyak dan kita coba terapkan di beberapa tempat," kata Ganjar dalam webinar pada Selasa (2/3).

Potensi EBT yang cukup besar di Jateng adalah panas bumi mengingat ada banyak gunung berapi. Saat ini sudah ada enam Wilayah Kerja Pertambangan (WKP) panas bumi di sana, termasuk di Dieng, Umbul Telomoyo, Ungaran, Baturaden, Gunung Lawu, dan Guci. Namun yang baru berproduksi adalah WKP Dieng sebanyak 60 MW.

Berdasarkan penjelasannya, Jateng memiliki cadangan panas bumi sebanyak 1.344 MW. "Panas bumi luar biasa, kita punya beberapa tempat karena banyak gunung berapi di kita. Gunung Lawu masih disiapkan tapi rakyatnya belum setuju," ujarnya.

"Sedangkan Gunung Slamet sudah jalan investasinya tapi terhambat karena ternyata masyarakatnya belum terlalu banyak disosialisasikan sehingga protes itu mau mengelola panas bumi atau merusak hutan. Ini yang terjadi di beberapa titik," jelas Ganjar.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini