Milenial di Indonesia Lebih Banyak Punya Cicilan Daripada Investasi

Kamis, 29 Agustus 2019 16:29 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Milenial di Indonesia Lebih Banyak Punya Cicilan Daripada Investasi investasi. shutterstock

Merdeka.com - Founder PT Solusi Finansialku Indonesia, Melvin Mumpuni menilai, generasi milenial di Indonesia masih banyak yang belum melek investasi. Mereka masih cenderung konsumtif dan menggunakan uangnya untuk hal-hal yang berbau konsumsi, sehingga lebih banyak yang memiliki cicilan ketimbang investasi. Contoh sederhananya adalah kartu kredit untuk keperluan hangout di kafe.

"Milenial di Indonesia setiap kali aku tanya di event ada tidak yang punya cicilan Rp1 sampai Rp2 juta per bulan? Banyak. Tapi ada tidak yang bisa investasi Rp1 juta sampai Rp2 juta per bulan? Tidak ada," kata dia saat ditemui di Menara BCA, Jakarta, Kamis (29/8).

Padahal, saat ini milenial di Indonesia merupakan kaum dengan pendapatan yang lumayan. Artinya, mereka memiliki penghasilan per bulan yang cukup untuk berinvestasi, seperti deposito atau reksadana. Apalagi kini banyak jenis investasi yang nggak membutuhkan modal besar.

"Sebenarnya milenial punya uangnya karena dia bisa nyicil, tapi jatuhnya tuh uangnya buat cicilan tidak untuk investasi. Tapi sebenarnya mereka punya uang," ujarnya.

Dengan banyaknya literasi dan edukasi keuangan saat ini, diharapkan milenial sudah dapat memiliki perencanaan keuangan yang bagus. Serta memiliki instrumen investasi yang cocok bagi mereka.

Menurutnya, berinvestasi bagi milenial bisa diawali dengan coba-coba semua jenis instrumen dengan menggunakan budget testing. Budget testing adalah dana di mana jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kerugian tersebut tidak akan mengganggu keuangan secara umum. Misalnya, mulai mencoba investasi di reksadana atau saham dengan angka minimal yaitu Rp100 ribu.

"Pertama, mulai dari rencana keuangan dulu kalau misalnya gak mau repot udah mulai coba dulu dengan budget testing. Coba dulu kalau nanti udah tahu hasilnya, optimalkan perbesarkan," tutupnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini