Meski Trafik Penerbangan Sudah Naik, Garuda Indonesia Tetap Butuh Dana Talangan

Rabu, 15 Juli 2020 16:37 Reporter : Merdeka
Meski Trafik Penerbangan Sudah Naik, Garuda Indonesia Tetap Butuh Dana Talangan Garuda Indonesia. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - PT Garuda Indonesia Tbk mencatat trafik penerbangan terus naik di masa transisi new normal ini. Saat ini, trafik naik 10 persen atau mencapai 40 penerbangan dalam sehari, naik dari sebelumnya hanya 30 penerbangan saja.

Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Ade R Susardi mengatakan, pada dasarnya Garuda Indonesia terdampak secara keseluruhan, baik trafik yang menurun, jumlah penumpang yang juga menurun drastis, serta hilangnya pendapatan.

"Biasanya trafik kita perhari 330 flight saat ini sudah naik di kira-kira 40 flight sehari, artinya itu sudah lebih dari 10 persen naiknya. Pada waktu bulan Mei itu cuman 10 persen 30 flight sehari," kata Ade dalam webinar bersama The Habibie Center, Rabu (15/7).

Meskipun saat ini jumlah load factor (kapasitas) penumpang sudah mencapai 40 persen, namun Ade menyebut hal tersebut tidak terlalu menguntungkan. Karena biasanya pada kondisi normal load factor Garuda dalam setiap penerbangan 80 persen.

Dengan demikian, Ade menegaskan bahwa pendapatan operasional Garuda tidak tercukupi. Oleh karena itu, saat ini Direktur Garuda Indonesia Irfan Saputra sedang membahas dana talang bersama DPR, agar bisa membantu operasional Garuda.

"Jelas pasti operation cost kita tidak tercover, yang kita harapkan banyak, oleh karena itu pak irfan sedang di DPR itu untuk diskusi atau finalisasi dana talangan yang akan dibantu oleh Pemerintah," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Harap Jumlah Penumpang Naik...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini