Meski Kaya SDA, ini Alasan Papua Belum Mampu Mandiri Biayai Pembangunan

Selasa, 26 Januari 2021 19:23 Reporter : Anisyah Al Faqir
Meski Kaya SDA, ini Alasan Papua Belum Mampu Mandiri Biayai Pembangunan Menkeu Sri Mulyani. ©2020 Youtube.com/KemenkeuRI

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan, kekayaan alam Papua belum bisa mendanai operasional pemerintahan daerah. Sebab, penerimaan negara dari provinsi di Timur Indonesia tersebut jauh lebih rendah daripada alokasi program pemerintahnya.

"Penerimaan negara dari ekonomi Papua ini dibandingkan yang kami berikan lebih besar. Meskipun Freeport dan perusahaan lainnya ini bayar pajak dan lain-lain," kata Menteri Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (26/1).

Selama 6 tahun terakhir, kata Menteri Sri Mulyani, pendapatan daerah yang disetorkan negara tidak lebih besar dari yang diberikan negara kepada pemda dalam bentuk transfer daerah. Dia mencontohkan penerimaan negara dari Papua tahun 2015 hanya Rp 5 triliun. Sementara anggaran yang diberikan pemerintah pusat di tahun yang sama mencapai Rp 33 triliun.

"Penerimaan tahun 2015 dari Papua ini mencapai Rp 5 triliun, namun anggaran pemerintah yang dialokasikan buat Papua Rp 33 triliun ini dari otsus dan lain-lain," kata dia.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini