Meski Ekonomi Kuartal II Tumbuh Negatif, Menko Airlangga Sebut RI Masih Lebih Baik

Jumat, 17 Juli 2020 15:45 Reporter : Merdeka
Meski Ekonomi Kuartal II Tumbuh Negatif, Menko Airlangga Sebut RI Masih Lebih Baik Airlangga Hartarto. ©2020 Foto: Farhan/Humas Ekon

Merdeka.com - Wabah Covid-19 telah membuat perekonomian di Indonesia dan dunia anjlok. Pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal II 2020 ini diprediksi akan terkontraksi cukup dalam hingga -4 persen.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, tak memungkiri ekonomi nasional bakal di bawah 0 persen. Namun, dia menyebutkan pencapaian buruk itu masih lebih baik ketimbang negara lain.

"Kami ingin sharing di kuartal II berbagai negara pertumbuhannya negatif akibat pencegahan covid dalam bentuk lockdown. Malaysia -8,4 persen, Thailand -11,1 persen, Filipina -7,6 persen, Singapura -12,6 persen," ungkapnya dalam sesi teleconference, Jumat (17/7).

"Kemudian Brazil -11 persen, India -20 persen. Dan tentunya ini Indonesia sendiri diperkirakan turun relatif lebih baik dari yang lain, antara -3,8 sampai 4,2 persen. Bahkan ada prediksi mendekati 4,5 persen," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Ekonomi Diprediksi Membaik Pada Kuartal IV

membaik pada kuartal iv

Menko Airlangga pun optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa sedikit membaik pada kuartal akhir tahun ini. Keyakinan itu diperkuatnya lantaran Bank Dunia (World Bank) mengatakan hal serupa.

"Indonesia diperkirakan dari studi World Bank growth di kuartal IV masuk ke jalur positif. Dan pemerintah berharap di kuartal III minimal bisa jaga situasi tidak terlalu dalam, bisa recover mendekati -1 atau 0 persen," ujar dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

[bim]

Baca juga:
Pulihkan Ekonomi, Indonesia Harus Jeli Lihat Peluang dan Berinovasi
Menkeu Dorong Optimalisasi Alokasi Transfer Daerah Pulihkan Ekonomi Imbas Corona
Pemerintah Berkomitmen Perbaiki Data dan Infrastruktur Selama Masa Pandemi
Sejarah Kala RI Terjatuh Ke Jurang Resesi
BI Catat Ekonomi RI Mulai Membaik di Juni Seiring Pelonggaran PSBB
Kontraksi Masih Berlanjut, Pemulihan Ekonomi Dunia Diprediksi akan Lama
Bank Dunia Prediksi PDB Indonesia Tumbuh 4,8 Persen di 2021

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini