Merger 3 Bank BUMN Syariah Dinilai untuk Lahirkan Bank BUKU IV Baru

Senin, 19 Oktober 2020 11:11 Reporter : Sulaeman
Merger 3 Bank BUMN Syariah Dinilai untuk Lahirkan Bank BUKU IV Baru Penandatanganan Conditional Merger Agreement. ©Humas BUMN

Merdeka.com - Ekonom sekaligus Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Piter Abdullah menyambut baik keputusan penggabungan (merger) tiga bank Himbara syariah. Menurutnya, kebijakan merger untuk melahirkan satu bank syariah masuk kelompok BUKU IV atau bank dengan modal inti di atas Rp30 triliun.

"Merger bank BUMN syariah harapannya akan membuat perbankan syariah punya satu bank besar di buku IV. Sehingga kemudian bisa berkinerja lebih baik," ujar dia saat dihubungi Merdeka.com, Senin (19/10).

Kendati demikian, merger oleh tiga bank syariah pelat merah itu belum mampu menjamin peningkatan kinerja perbankan syariah itu sendiri. Sehingga pemerintah maupun stakeholders terkait didorong untuk segera meningkatkan kapasitas bank dari banyak hal.

"Antara lain atau khususnya dari segi permodalan, jangkauan pasar, dan juga daya saing. Itu penting," jelas dia.

Selain itu, pembentukan pencitraan ekosistem ekonomi syariah dengan penawaran yang lebih baik dinilai tak kalah penting. Diantaranya perluasan dan peningkatan bisnis halal di dalam negeri.

"Ini untuk meningkatkan daya tarik masyarakat juga akan memacu kinerja perbankan syariah. Karena tidak cukup adanya satu bank besar tetapi juga harus diikuti dengan pencitraan ekosistem ekonomi syariah yang lebih baik," tambahnya.

Baca Selanjutnya: Realisasi Penggabungan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini