Menteri Yuddy: Saya blusukan untuk tugas, bukan pencitraan

Sabtu, 4 April 2015 12:36 Reporter : Idris Rusadi Putra
Menteri Yuddy: Saya blusukan untuk tugas, bukan pencitraan Yuddy Chrisnandi dan Bima Arya. ©2015 merdeka.com/nurul tirsa sari

Merdeka.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi membeberkan tugasnya sebagai pembantu Presiden Joko Widodo. Sebagai menteri, Yuddy ingin memastikan semua pelayanan publik berjalan dengan baik melayani seluruh masyarakat Indonesia.

Dari penuturan Yuddy, pekerjaannya lebih banyak di luar dari pada di dalam ruangan kantor. Ini semata mata untuk memastikan pelayanan untuk masyarakat berjalan baik. Dari catatan merdeka.com, Menteri Yuddy pernah blusukan ke kantor BKPM, Samsat Polda Metro Jaya, Imigrasi, kantor wali kota, kelurahan hingga puskesmas.

"Makanya saya meninjau bandara hingga lapas. Pelayanan publik itu tugas dan tanggung jawab saya. Jadi saya blusukan itu untuk tugas, bukan pencitraan," ucap Yuddy ketika berkunjung ke redaksi merdeka.com beberapa waktu lalu.

Yuddy mengaku akan terus melakukan blusukan, kalau perlu hingga ke terminal. Namun dia menegaskan, itu tidak akan mengambil wewenang Kementerian Perhubungan sebagai kementerian yang bertanggung jawab atas sistem transportasi Indonesia.

"Nanti kalau saya ke terminal itu tidak overlapping dengan Kemenhub. Saya memastikan terminal melayani dengan baik dan Masyarakat dilayani dengan baik," katanya.

Menurut Yuddy, ini tertuang dalam UU NO 25 tahun 2014 yang mendelegasikan kewenangan pelayanan publik kepada menteri. Melakukan penataan, perumusan kebijakan tentang kepegawaian semua aparatur pemerintah. Mulai dari seragam, gaji, promosi.

"Itu semua urusan Menpan. Menpan kemana mana, bisa ke intelijen juga. Yang tidak optimal sebelumnya kita berupaya perbaikan semaksimal mungkin. Selain itu, pergantian pejabat ada Menpan di dalamnya. Kita bikin pansel (panitia pelaksana), open bidding, proses terbuka, kompetensi, profesionalisme, akuntabilitas. Mengendalikan mulai dri rekrutmen sampai pensiun. Tidak lepas dari pencermatan," tutupnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Yuddy Chrisnandi
  3. MenPAN
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini