Menteri Teten Usul Koperasi Diberi Wewenang Salurkan Kredit Usaha Rakyat

Selasa, 23 Juni 2020 16:36 Reporter : Sulaeman
Menteri Teten Usul Koperasi Diberi Wewenang Salurkan Kredit Usaha Rakyat Menkop dan UKM Teten Masduki. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengusulkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bisa dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Usulan ini disampaikan Tetan karena realisasi penyaluran KUR sampai Maret 2020 baru mencapai Rp54,03 triliun atau 28,44 persen dari target pemerintah tahun ini sebesar Rp190 triliun.

"Lewat KSP akan menjadi alternatif untuk penyaluran KUR. Kita terus usulkan supaya KUR ini bisa lewat KSP," kata dia dalam diskusi virtual via Facebook, Selasa (23/6).

Untuk itu, pihaknya saat ini tengah fokus dalam penerapan digitalisasi di tubuh KSP. Sebab, digitalisasi bakal mempermudah penyaluran KUR terhadap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19.

Di sisi lain, digitalisasi juga dapat mendorong KSP lebih transparan dalam menjalankan usahanya. Serta siap melakukan pembiayaan dana bergulir yang lebih terjangkau dan efektif ke sejumlah UMKM lewat manajerial yang lebih rapi dengan digitalisasi.

Sehingga di tengah pandemi ini, Kementerian Koperasi UKM melalui Lembaga Penyaluran Dana Bergulir (LPDB) melakukan restrukturisasi kepada 40 KSP. Hal ini untuk meringankan beban bayar para pelaku UKM melalui relaksasi selama satu tahun dan pembebasan bunga.

"Jadi, kami sudah koordinasi dengan bank himbara, OJK, dan BI supaya penyaluran KUR untu UMKM bisa di percepat. Sehingga mereka nanti dapat melanjutkan usahanya," jelas dia. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini