Menteri Teten Sebut Realisasi KUR Rendah Akibat Terkendala Regulasi

Selasa, 30 Juni 2020 17:07 Reporter : Sulaeman
Menteri Teten Sebut Realisasi KUR Rendah Akibat Terkendala Regulasi Menkop dan UKM Teten Masduki tinjau Penyaluran KUR di Pasar Rawamangun. ©2020 Liputan6.com/Maulandy Rizki Bayu Kencana

Merdeka.com - Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki, buka suara atas rendahnya penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga saat ini. Menurut dia, tersendatnya penyaluran KUR akibat terkendala regulasi di tingkat pelaksana teknis.

Penyusunan regulasi ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya moral hazard di program KUR. Sehingga skandal Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) saat krisis melanda Tanah Air pada periode 1997-1998, tidak kembali terulang.

"Dalam implementasi (KUR) sedikit tersendat. Hal ini karena regulasi menghindari moral hazard seperti pengalaman BLBI," ujar dia dalam webinar via Zoom, Selasa (30/6

Oleh karena itu, pihaknya kini tengah fokus meningkatkan penyaluran subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR). Diantaranya menggelar koordinasi dengan perbankan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait percepatan penyaluran program ini.

Baca Selanjutnya: KUR Diperlukan Cegah UMKM dari...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini