Menteri Teten: Kebutuhan Susu Sapi RI 9 Juta Liter, Baru Mampu Dipenuhi 1,5 Juta

Kamis, 26 Desember 2019 16:21 Reporter : Anisyah Al Faqir
Menteri Teten: Kebutuhan Susu Sapi RI 9 Juta Liter, Baru Mampu Dipenuhi 1,5 Juta Pemerahan susu sapi di Bogor. ©2017 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki, melihat ada peluang di sektor pertanian yang bisa jadi produk komoditas yang dikelola pelaku usaha kecil dan menengah. Misalnya susu sapi, jagung, garam dan beras.

Khusus susu, Menteri Teten melihat saat ini kebutuhan di Indonesia sekitar 9 juta liter per tahun. Sementara, industri dalam negeri, baru mampu menyediakan 1,5 juta liter per tahun.

"Kan kebetulan pelakunya banyak dari UMKM," kata Menteri Teten di Gedung SMESCO, Jakarta Selatan, Kamis (26/12).

Teten mengaku sudah berkoordinasi dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terkait peluang ini. Dia ingin beberapa produk yang bisa ditingkatkan produksinya diberikan peluang dari segi pembiayaan.

Produksi susu, lanjut Menteri Teten, pernah berjaya di Bandung pada 1998. Dulu para peternak susu sapi sudah berkelompok dan tergabung dalam koperasi. Hanya saja berbagai masalah yang dihadapi kala itu membuat mereka timbul tenggelam.

Baca Selanjutnya: Masalah Industri Susu Sapi Indonesia...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini