Menteri Teten Beberkan 5 Strategi Bawa Produk UMKM ke Pasar Global

Selasa, 5 November 2019 14:45 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Menteri Teten Beberkan 5 Strategi Bawa Produk UMKM ke Pasar Global Menkop UKM Teten Masduki. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki membeberkan 5 program pertama dan utamanya sebagai menteri yang baru. Kelima program tersebut ditujukan untuk membawa produk Koperasi dan UMKM Indonesia ke pasar global.

"Kami sedang melakukan revisi program 2020 intinya kami ingin sampaikan bahwa Kemenkop punya tekad untuk membawa produk-produk Koperasi dan UMKM ini memiliki daya saing tinggi," kata dia di kantornya, Selasa (5/11).

Untuk mewujudkan hal tersebut, dia telah menyusun 5 program utama. Yang pertama adalah memperluas pasar produk dan jasa UMKM baik di internasional maupun domestik.

"Kedua, bagaimana meningkatkan juga daya saing dan kapasitas produk UMKM," ujarnya. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas dan kapasitas produk agar bernilai jual lebih.

Kemudian yang ketiga adalah dukungan pembiayaan dan investasi. Saat ini, akses UMKM terhadap pembiayaan baik perbankan maupun nonbank masih sulit meski sudah banyak program yang ditawarkan.

"Tidak mudah UMKM mengakses pembiayaan. Kami perlu merumuskan strategi," ujarnya.

Keempat adalah pengembangan kapasitas manajemen dan usaha. Dengan cara memperbanyak pendampingan dan pelatihan.

"Ini penting karena UMKM gak punya expert di semua lini. Kita akan siapkan pendampingan training dan lain sebagainya. Ini kita akan intinya kami akAn melakukan empowering terhadap UMKM dan koperasi," ujarnya.

Terakhir, yang kelima adalah memberikan kesempatan dan kemudahan berusaha bagi para pelaku UMKM. "UMKM juga harus punya kesempatan dan kemudahan berusaha. Jadi harus ada keadilan juga bagi UMKM," tutupnya. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini