Menteri Susi soal Kebakaran Kapal di Muara Baru: Sudah Lama Saya Peringatkan

Selasa, 26 Februari 2019 11:21 Reporter : Merdeka
Menteri Susi soal Kebakaran Kapal di Muara Baru: Sudah Lama Saya Peringatkan Menteri Susi Pudjiastuti. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku telah menyampaikan peringatan sebelum terjadi insiden kebakaran kapal di Muara Baru. Dia menyebut, kapal-kapal di Muara Baru terpantau banyak yang menyalahi aturan.

Susi menjelaskan, Muara Baru adalah khusus bongkar ikan, bukan reparasi kapal. Sementara saat kejadian, ada kapal yang sedang melakukan reparasi di lokasi.

"Kalau dilihat dari awal kebakaran, itu kapal di tengah kapal sedang melakukan perbaikan. Saya sudah lama peringatkan tidak boleh pelabuhan itu dipakai reparasi, pembangunan kapal," jelas Susi seperti ditulis Selasa (26/2).

"Kalau mau pembangunan ya harus ke shipyard, ke galangan kapal. Ini persoalan sama di Benoa juga orang bikin kapal di tempat orang bongkar ikan. Kan tidak bisa itu," tambah dia.

Susi berjanji akan terus mendorong investigasi di insiden kebakaran di pelabuhan untuk mengetahui apakah kejadian memang sekadar insiden atau kecelakaan. Sebelum Muara Baru, kasus kebakaran juga pernah terjadi di Benoa, Pekalongan, dan Tegal.

Susi pun geram karena 10 dari 34 kapal yang terbakar di Muara Baru tidak memiliki izin. Dia pun membantah anggapan tidak ada izin karena lambatnya penanganan, melainkan karena pihak pemilik kapal memang tidak berniat mengurus izin.

Dia juga membantah anggapan bahwa kebakaran Muara Baru akibat izin. Susi menyebut tak ada teori yang menyebut izin lambat bisa menyalakan api.

"Jangan men-judge langsung kebakaran karena izin lambat. Tidak ada itu. Memangnya izin lambat terus nyalain api? Yang benar saja," tegas Susi.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini