Menteri Susi dorong pengusaha RI manfaatkan perang dagang AS-China

Jumat, 21 September 2018 13:47 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menteri Susi dorong pengusaha RI manfaatkan perang dagang AS-China Menteri Susi jelaskan proses penangkapan kapal buronan interpol. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengimbau pengusaha bidang perikanan memanfaatkan momentum perang dagang Amerika Serikat dengan China. Dia meminta, pengusaha terus bekerja menggenjot ekspor ke Amerika Serikat.

"Dengan adanya perang dagang China dan AS semestinya pengusaha Indonesia mendapatkan dan bisa melakukan terobosan segera untuk bisa mengambil insentif daripada situasi perang dagang ini," ujarnya di Kantor Pusat KKP, Jakarta, Jumat (21/9).

Menteri Susi mengingatkan, jangan sampai pengusaha tidak menambah produksi tetapi malah melakukan peminjaman nama kepada China agar produknya bisa masuk ke AS. Sikap ini dinilai akan merugikan produk Indonesia ke depan.

"Banyak juga orang Indonesia ini mau gampang saja. Oh kesempatan barang sana dimasukan ke sini nanti diekspor lagi ke sana, pasti akan ketahuan. Begitu ketauan kita kena dampaknya, pasti akan marah AS nya. Nanti bisa-bisa produk kita malah diembargo," jelasnya.

Tidak hanya sektor perikanan, Menteri Susi juga mengajak seluruh pelaku usaha dalam negeri untuk meningkatkan produksi. Sehingga, ke depan Indonesia bisa bersaing dengan negara negara di ASEAN yang terlebih dahulu berorientasi ekspor.

"Mari pakai kesempatan perang dagang ini untuk meningkatkan kerja produksi kita. Itu imbauan dari saya. Semua pengusaha eksportir seharusnya segera konsolidasi baik dari manufaktur produk, perikanan, handycraft. Ini kesempatan besar untuk bersaing melawan naga-naga besar sepeti China, Thailand, Vietnam jadi kalau tidak dipakai ya sayang," jelasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini