Menteri Susi curhat ke Jokowi minta PNS KKP naik gaji 2 kali lipat

Senin, 22 Februari 2016 17:22 Reporter : Sri Wiyanti
Menteri Susi curhat ke Jokowi minta PNS KKP naik gaji 2 kali lipat Susi Pudjiastuti dan satgas 115. ©2016 merdeka.com/sri wiyanti

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, bakal mengusulkan pemberian tunjangan kinerja kepada pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebesar dua kali lipat dari gaji yang diterima saat ini. Usulan itu akan diajukan dalam rapat kabinet bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Wacana ini berkaitan dengan kinerja pegawai KKP yang dinilai semakin baik dilihat dari peningkatan produksi tangkapan ikan mencapai 8,5 juta ton pada 2015 atau setara dengan USD 8,5 miliar. Konsumsi BBM pun berhasil ditekan hingga rasio 37 persen dari total konsumsi BBM nasional.

"Insyaallah tahun ini menuju kesejahteraan karyawan KKP untuk mendapatkan tukin (tunjangan kinerja) paling tidak dua kali dari gajinya sekarang," kata Menteri Susi di Gedung Mina Bahari IV, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin (22/2).

Prestasi tersebut, lanjutnya, merupakan hasil dari komitmen pemerintah memberantas praktik pencurian ikan atau ilegal, unreported, unregulated fishing (IUUF) melalui pembentukan Satgas 115. Dia pun berjanji akan memperjuangkan peningkatan tunjangan kinerja bagi semua pihak yang berkontribusi dalam pemberantasan praktik pencurian ikan, termasuk TNI AL.

"Saya akan memperjuangkan Angkatan Laut mendapatkan hal yang sama. Saya akan usaha supaya semaksimum mungkin didengar di kabinet," ujar Susi.

Menteri Susi mengatakan wacana peningkatan tukin ini merupakan langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme aparat dalam memberantas pencurian ikan.

"‎Saya merasakan remunerasi begitu rendahnya menyebabkan hal-hal yang tidak patut dilakukan pegawai negeri harus dilakukan demi mencukupi kebutuhannya‎," tutup Menteri Susi. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini