KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Menteri Susi belum tentukan sikap terkait reklamasi Teluk Benoa

Senin, 29 Februari 2016 16:32 Reporter : Novita Intan Sari
Menteri Susi Pudjiastuti bersama Dubes Norwegia. ©Pusdatin Kementerian Kelautan dan Perikanan

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) belum tentukan sikap terkait rencana reklamasi Teluk Benoa di Provinsi Bali yang telah mengakibatkan kontroversi khususnya di tengah masyarakat Pulau Dewata tersebut.

"Saya belum bisa memberikan sikap apapun," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat menerima perwakilan masyarakat Bali di Kantor KKP, Jakarta, Senin (29/2).

Menurut Susi, saat ini belum ada kondisi yang mengharuskan KKP mengambil sikap karena perusahaan juga belum melakukan reklamasi. Perusahaan itu saat ini sedang menunggu izin Amdal (analisis dampak lingkungan) keluar guna bisa melanjutkan rencana reklamasi tersebut.

"Perusahaan belum memulai karena masih dalam proses perizinan sehingga kita juga belum melakukan apapun," katanya.

Menteri Susi menyatakan, hal terpenting adalah agar lingkungan tidak terdegradasi dan rusak, tetapi dalam upaya melakukan hal tersebut agar jangan sampai dipolitisasi atau bahkan didramatisasi oleh pihak tertentu.

Sebelumnya, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Zulkifli Hasan mengatakan setuju dilakukannya reklamasi Teluk Benoa selama memberikan efek positif dan analisis dampak lingkungannya (amdalnya) baik serta tidak merusak lingkungan.

"Soal reklamasi Teluk Benoa, yang penting amdalnya betul bagus dan akan membawa perubahan positif bagi daerah, kenapa tidak?" kata Zulkifli Hasan di Denpasar, Senin (1/2).

Saat ini telah terjadi pro dan kontra terkait rencana reklamasi di Teluk Benoa Bali. Pemda Bali masih belum setuju dengan rencana reklamasi tersebut. Masyarakat Bali juga menolaknya.

Zulkifli memberikan contoh Singapura dan Dubai yang dinilainya berhasil dalam soal reklamasi pantai. "Lihat Singapura itu 30 persen wilayahnya hasil reklamasi dan wilayahnya nambah terus karena reklamasi. Dubai itu 'Palm Beach'-nya terkenal karena hasil reklamasi juga," kata Zulkifli. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.