Menteri Sri Mulyani Pesimistis Target Lifting Migas 2020 Tercapai, ini Alasannya

Selasa, 28 Januari 2020 12:05 Reporter : Anggun P. Situmorang
Menteri Sri Mulyani Pesimistis Target Lifting Migas 2020 Tercapai, ini Alasannya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, pesimistis lifting minyak dan gas (migas) pada tahun ini akan tercapai. Adapun target pemerintah di 2020 sebesar 755.000 barel per hari untuk lifting minyak dan 1,191 juta barel setara minyak per hari untuk lifting gas.

"Lifting minyak dan gas saya tidak terlalu optimis bahwa ini akan terpenuhi," ujar Menteri Sri Mulyani saat memaparkan realisasi APBN 2019 dan outlook 2020 di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/1).

Target tidak terpenuhi karena penemuan dan eksplorasi sumur baru tidak terpenuhi pada tahun lalu. Di mana, dalam catatan pemerintah, realisasi hingga November 2019 hanya 741.000 barel per hari dari target APBN 775.000 barel per hari.

"Mungkin sama dengan yang terjadi di 2019 karena eksplorasinya (migas) mungkin serta penemuan sumur baru tidak memberikan janji untuk peningkatan," jelasnya.

1 dari 1 halaman

Berdampak pada Capaian Pajak

capaian pajak

Menteri Sri Mulyani melanjutkan, lifting yang cukup tertekan akan berdampak pada penerimaan pajak Indonesia tahun ini. "Harga, lifting dan nilai tukar mungkin akan memberikan downside risk pada pertumbuhan penerimaan perpajakan kita," paparnya.

Adapun target ekonomi makro yang diharapkan bisa tercapai adalah pertumbuhan ekonomi yang dijaga di atas 5 persen. Selain itu, pemerintah juga berharap tingkat bunga SPN tiga bulan sebesar 5,4 persen bisa tercapai melalui penyaluran kredit.

"Harapan kita masih kepada pertumbuhan ekonomi kita akan jaga di atas 5 persen. Dan diharapkan suku bunga bisa diterjemahkan dalam pertumbuhan kredit yang lebih baik," tandasnya.

[bim]

Baca juga:
Pertamina Beberkan Alasan Lifting Migas Tak Capai Target di 2019
Tak Ada Investasi Masuk, Produksi Minyak Blok Rokan Terjun Bebas
Realisasi Lifting Migas 2019 1,8 Juta Barel, 90,5 Persen dari Target APBN
Kembalikan Kejayaan Migas RI, SKK Migas Incar Produksi 1 Juta Barel per Hari
Pendapatan Negara Sektor Migas per Kuartal III 2019 Capai Rp154 Triliun
Produksi Migas Tahun ini Terganggu Kebakaran Hutan Hingga Kebocoran Pertamina

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini